Punya Mobil Transmisi Matic? Ada Lima Hal Yang Harus Diketahui Pengendara!

Ditulis oleh : Helen Birgitta

07 Aug 2019

momobil.id - Mobil bertransmisi otomatis atau biasa disebut matic menjadi lebih populer di kalangan konsumen karena mudah digunakan. Meski terdengar mudah, ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat mengendarai mobil transmisi matic.

Seperti dilansir detik.oto, ada lima hal yang harus diketahui pada mobil transmisi matic. Apa saja ?

Jangan gunakan tuas N di jalan menurun

Jangan memindahkan transmisi mobil matic pada posisi N (netral) di jalan menurun. Metode ini salah. Dan jika itu sering dilakukan, transmisinya bisa rusak atau jebol, karena terdapat pompa oli dan lainnya. Mobil zaman sekarang, jika pengemudi mengemudi dalam jalanan yang menurun, mesin mobil akan secara otomatis menyesuaikan dengan konsumsi bahan bakar.

Mobil berhenti ketika mengubah posisi transmisi

Pastikan mobil berhenti sebelum mengubah posisi transmisi. Misalnya, ketika ingin memundurkan mobil, berarti sebelum menggeser posisi D (Drive) ke posisi R (Reverse), pastikan mobilnya berhenti dahulu dan sebaliknya.

Hindari menginjak gas dan memindahkan tuas bersamaan

Jangan langsung memaksa kendaraan berjalan. Terutama ketika mobil dalam kondisi netral, jangan langsung menginjak pedal gas dan memindahkan transmisi pada posisi D. Ini tidak direkomendasikan karena berisiko merusak komponen transmisi serta sistem kopling.

Baca Juga: Serba-serbi seputar transmisi mobil matic

Gunakan posisi N ketika lampu merah

Jangan berhenti di lampu merah dengan posisi gigi D dan menginjak pedal rem. Hal ini akan mempersingkat umur transmisi. Lebih baik menempatkan gigi dalam posisi N (netral) jika berhenti di lampu merah dalam waktu yang cukup lama.

Tuas P bukan untuk mengerem kendaraan

Jangan pindahkan gigi ke posisi P (Parkir) ketika mobil belum berhenti sepenuhnya. Memindahkan tuas transmisi ketika mobil belum sepenuhnya berhenti dapat merusak transmisi dan mempersingkat masa pakainya. Selain itu, fungsi utama tuas P adalah untuk parkir dan bukan untuk mengerem kendaraan.

Sumber gambar: Carreview.id

  • Editor's Choice
  • mobil matic
  • serba serbi matic
  • perawatan mobil matic
  • tuas transmisi matic
  • cara merawat mobil matic

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA BARAT

2013
Manual

92 juta

JAKARTA BARAT

2014
Otomatis

178 juta

JAKARTA BARAT

2015
Manual

178 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More