Penanganan yang Wajib Dilakukan Setelah Mobil Melewati Banjir

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 15 December 2023

Penanganan yang Wajib Dilakukan Setelah Mobil Melewati Banjir

momobil.id – Memasuki musim hujan, pengemudi seringkali dihadapkan dengan genangan air di jalanan. Berkendara saat musim hujan memang lebih nyaman menggunakan mobil, namun hal tersebut juga cukup merepotkan apabila mobil harus menerabas banjir. Ketika mobil harus melewati jalanan yang diterjang banjir, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini merupakan penanganan yang dilakukan setelah mobil melewati daerah banjir.

Masalah yang Bisa Terjadi Setelah Mobil Melewati Banjir

Setelah mobil melewati genangan air yang cukup tinggi, tentu ada potensi kerusakan. Lantas, apa saja masalah yang bisa terjadi jika tidak dilakukan penanganan?

  • Adanya komponen yang rusak seperti komponen mesin, kelistrikan, atau kaki-kaki.
  • Oli yang bercampur dengan air.
  • Bau tidak sedap pada bagian interior mobil jika tidak dibersihkan dan dikeringkan.
  • Karat pada bodi mobil atau komponen lainnya jika tidak segera dibersihkan.

Penanganan Setelah Mobil Melewati Banjir

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu dilakukan setelah mobil melewati genangan air atau banjir.

1. Hentikan Mobil dan Cek Panel Indikator

Setelah melewati area banjir, pengemudi perlu mematikan mesin terlebih dahulu. Kemudian, periksa seluruh komponen mobil, mulai dari bagian mesin, kelistrikan, bagian kaki-kaki, hingga oli. Periksa juga saluran knalpot untuk memastikan tidak ada air yang masuk ke dalamnya.

Apabila kondisi mobil dirasa aman, perhatikan panel indikator ketika hendak melakukan starter mesin. Pastikan tidak ada masalah pada komponen yang ditunjukan di panel indikator.

2. Periksa Bagian Ruang Mesin

Salah satu komponen yang wajib dilakukan pemeriksaan setelah mobil menerabas genangan air adalah mesin. Pastikan mematikan mesin setelah melewati genangan air, kemudian cek kondisinya. Periksa bagian mesin, apakah ada air yang masuk di dalam atau tidak. Jika mesin kemasukan air, segera keringkan dan bawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan.

3. Cek Kondisi Oli

Ketika melewati banjir, air bisa saja masuk dan tercampur dengan oli. Hal ini tentu saja akan membuat kinerja mesin terganggu, bahkan mobil bisa mogok dan rusak. Oleh karena itu, kondisi oli mobil perlu diperhatikan setelah menerjang banjir. Periksa minyak mesin, transmisi, dan cairan lainnya dan pastikan tidak tercampur dengan air.

Pengecekan kondisi oli bisa dilakukan dengan dipstik atau dilihat secara langsung. Oli yang tercampur air biasanya memiliki warna kecoklatan seperti kopi susu. Jika demikian, maka disarankan untuk membawa mobil ke bengkel resmi.

4. Periksa Sistem Kelistrikan Mobil

Salah satu penanganan yang bisa dilakukan setelah mobil melewati banjir adalah memeriksa sistem kelistrikan. Pastikan lampu, klakson, dan sistem pengisian daya dalam kondisi normal. Selain itu, periksa juga bagian soket elektrikal, fuse black, dan dinamo mobil. Pastikan komponen tersebut berada di kondisi normal.

Baca Juga: Tips Berkendara Melewati Banjir dengan Mobil

5. Memastikan Filter Udara Mobil Aman

Filter udara merupakan salah satu komponen yang wajib dilakukan pengecekan ketika kendaraan melewati banjir. Cara mengecek kondisi filter udara adalah membuka kotaknya, kemudian cek apakah kondisi filter basah atau kering. Jika filter kemasukan air, maka lakukan penggantian.

6. Periksa dan Keringkan Komponen Rem Mobil

Sistem rem menjadi kurang efektif setelah mobil melewati banjir. Hal ini terjadi karena sisa-sisa air yang menempel pada cakram rem. Oleh karena itu, segera keringkan komponen rem mobil. Pemilik mobil juga disarankan untuk tidak melakukan hand brake ketika kondisi rem masih basah karena sepatu kampas bisa lengket pada cakram rem.

7. Pastikan Kondisi Ban dan Roda Mobil Aman

Untuk memastikan tidak ada kerusakan, periksa kondisi ban dan roda mobil. Pastikan ban dan roda tidak mengenai batu atau benda tajam lain ketika melewati banjir.

8. Periksa Bagian Kaki-Kaki Mobil

Selain memeriksa bagian ban dan roda, periksa juga bagian kaki-kaki mobil. Cek bagian kolong dan rem mobil. Pastikan tidak ada kotoran atau sampah yang tersangkut pada bagian kaki-kaki.

9. Bersihkan Bagian Interior

Jika pengemudi melewati banjir hingga air masuk ke dalam kabin, maka segera bersihkan bagian interior mobil. Cuci bagian karpet, kemudian keringkan. Selain itu, bersihkan dan keringkan bagian lain seperti jok, kompartemen di bawah pintu, dan lainnya. Kabin mobil yang dibiarkan basah dan kotor tentu dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

10. Segera Bawa ke Bengkel Apabila Terjadi Kerusakan

Apabila setelah melakukan penanganan masih terjadi kerusakan pada beberapa komponen mobil, maka segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, serta mengganti komponen yang rusak agar kondisi mobil kembali prima.

mobil terkait

Rp 145.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 138.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 100.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 120.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas