momobil.id – BMW Group Indonesia mengumumkan rekor penjualan tertinggi sebanyak 5.063 unit untuk BMW dan MINI sepanjang tahun 2023. Angka ini meningkat 35,3 persen dibanding hasil penjualan tahun 2022 sebanyak 3.742 unit.
Rekor penjualan tersebut terdiri dari 4.172 unit BMW dan 891 unit MINI. Pertumbuhan penjualan BMW sebesar 38 persen dan MINI sebesar 24 persen secara year on year.
Minat terhadap rangkaian kendaraan listrik BMW juga sangat meningkat dengan 745 unit dikirimkan ke pelanggan di Indonesia sepanjang tahun 2023. Sementara itu, MINI Electric juga sangat diminati usai terjual sebanyak 172 unit atau 19 persen dari total penjualan MINI di Indonesia.
“Total penjualan 5.063 unit merupakan angka yang fantastis dan bersejarah untuk BMW Group Indonesia serta industri otomotif Indonesia. Untuk pertama kalinya produsen kendaraan premium di Indonesia dapat melampaui penjualan 5.000 unit,” ujar Ramesh Divyanathan selaku Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
“Dengan rangkaian kendaraan listrik terbaru BMW dan MINI yang sangat menarik, kami mampu meningkatkan mobilitas listrik lebih dinamis pada tahun 2023 dan menjadi pemimpin di segmen kendaraan listrik premium Indonesia dengan mendominasi 60,5 persen dari total pasar,” tambahnya.
Secara total, ada sebanyak 2.253.835 kendaraan yang dikirimkan ke pelanggan di seluruh dunia pada tahun 2023 dan brand BMW membukukan pertumbuhan sebesar +7,3 persen dari tahun sebelumnya.
Hal yang sama untuk pasar Indonesia dengan total penjualan 4.172 unit dan peningkatan +38 persen yang mana hasil ini merupakan salah satu pertumbuhan tertinggi pada market BMW di seluruh dunia. Rekor pertumbuhan BMW di Indonesia pada tahun lalu pun menyusul peningkatan sebesar 24 persen pada tahun 2021 hingga 2022.
Model kendaraan di segmen Luxury, seperti BMW Seri 7 dan BMW X7, mendapatkan permintaan yang cukup tinggi pada tahun 2023. Hal ini dibuktikan dengan penjualan BMW Seri 7 yang kini hadir dengan varian mesin konvensional dan listrik, meningkat hampir 3 kali lipat menjadi total 219 unit dibandingkan penjualan pada tahun sebelumnya. BMW i7 (full-elektrik) juga menjadi model terlaris di segmennya.
Untuk BMW, penjualan tertinggi adalah model full-listrik, BMW iX dengan 587 unit. Tegaskan komitmen di elektrifikasi, 17,9 persen dari total penjualan kendaraan BMW di Indonesia adalah kendaraan full listrik.
Disusul dengan BMW Seri 3 – sedan paling legendaris dengan total penjualan 581 unit dan BMW X5 Sport Activity Vehicle premium favorit di Indonesia dengan total penjualan yang sama, 581 unit.
Baca juga: Tiga Mobil Listrik BYD Berbekal Fitur NFC, Buka Pintunya Pakai Kartu Ini
Kemudian hadir BMW X3, Sport Activity Vehicle premium yang cocok untuk berbagai medan dengan 467 unit. Sedan bisnis paling sukses, BMW Seri 5 hasilkan penjualan sebesar 382 unit, meningkat 29,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
“BMW akan terus secara konsisten tingkatkan penjualan kendaraan listrik, dan mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Tahun ini, BMW Indonesia akan memperkenalkan beberapa kendaraan listrik terbarunya, antara lain BMW i5 dan BMW iX1,” kata Ramesh.