Pengemudi Mobil Matic Perlu Pindahkan Tuas ke Posisi Ini saat Berhenti di Lampu Merah

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 August 2020

Pengemudi Mobil Matic Perlu Pindahkan Tuas ke Posisi Ini saat Berhenti di Lampu Merah

momobil.id – Keunggulan utama mengapa mobil dengan transmisi matic merupakan favorit banyak orang lantaran menawarkan kepraktisan dan cara pengoperasian yang lebih mudah ketimbang mobil transmisi manual. Meski begitu, mobil matic membutuhkan perlakuan khusus. Salah satunya ketika mobil sedang berhenti saat lampu merah. Tips mengendarai mobil matik ketika menghadapi situasi seperti ini perlu diketahui pengemudi, terutama dalam hal penggunaan tuas transmisi yang tepat.

Seperti dijelaskan Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha, ketika berhenti di lampu merah atau di jalan yang macet sebaiknya tuas persneling dipindahkan dari posisi D ke N, dan jangan lupa untuk menginjak pedal rem. “Kalau memposisikan tuas persneling tetap dalam posisi D, maka artinya transmisi akan terus bekerja. Fluida di dalam transmisi akan terus bekerja. Kalau dipindahkan ke posisi N, tidak seperti itu,” ujar Sapta seperti dilansir Detik.com yang mengutip laman Auto2000.

Ada dampak lain apabila tetap memposisikan tuas persneling pada posisi D ketika di lampu merah. Dampaknya bisa berakibat fatal, mobil bisa berjalan sendiri apabila tidak waspada, sehingga bisa menabrak objek di depannya. “Dengan memposisikan tuas perseneling pada posisi N serta direm, maka membuat kita sebagai pengemudi juga tetap waspada, dan tentunya demi keamanan dan keselamatan bersama,” tutur Sapta.

Selain itu, apabila melintas di jalan yang menurun, sebaiknya gunakan momen engine brake dengan menurunkan tuas transmisi ke 3, 2, atau L tergantung kecepatan dan sudut turunan. Hal tersebut untuk menjaga keawetan transmisi dan membantu sistem pengereman bekerja dengan maksimal. Penggunaan engine brake membuat mobil tidak akan melaju kencang.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Kopling Mobil? Berikut Penjelasannya

“Kalau bisa gunakan posisi L atau 2 pada saat kendaraan melewati jalan menurun, Untuk tipe yang tidak ada L atau 2, maka bisa diubah ke manual kemudian turunkan ke gigi tiga atau 2,” katanya lagi.

Adapun tips lainnya dalam mengendarai mobil matik yang perlu diketahui pengemudi adalah ketika dalam kondisi parkir. Saat mobil sedang parkir, pindahkan tuas ke posisi P agar bagian gigi transmisi terkunci dan mobil berhenti sepenuhnya. Setelah posisi tuas ada di P, tambahkan dengan rem tangan agar beban pada komponen transmisi tidak terlalu berat dan tetap awet.

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas