Berbekal Fitur Autopilot, Pengemudi Tesla Model 3 Bisa Nyetir Sambil Merem!

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

1 October 2019

Berbekal Fitur Autopilot, Pengemudi Tesla Model 3 Bisa Nyetir Sambil Merem!

momobil.id – Tesla Model 3 merupakan mobil listrik terbaru besutan Elon Musk setelah kehadiran Model S, Model Y, dan Model X. Tesla memang bukan sekedar mobil listrik biasa, karena setiap unitnya pasti dibekali dengan fitur-fitur dan teknologi super canggih. Salah satunya fitur Autopilot alias kemampuan untuk mengemudi sendiri. Bener gak sih? Simak ulasannya sampai habis yaa!

Keyless entry

Sebelum membahas fitur Autopilot, fitur keyless entry pada Model 3 termasuk hal yang juga patut diulas. Keyless entry Tesla 3 lebih canggih dibanding mobil modern saat ini karena tak hanya mengandalkan teknologi RFID yang tersemat pada kartu chip bawaannya. Pengguna juga bisa membuka kunci mobil melalui aplikasi ‘Tesla’ di smartphone.

Aplikasi tersebut tidak sekedar untuk membuka dan mengunci mobil, tetapi hampir memiliki fungsi yang sama dengan tablet yang tersemat pada interior mobilnya seperti untuk mengecek baterai dan mengendalikan suhu pendingin udara.

Autopilot

Nah, ini dia fitur yang menarik perhatian banyak mata. Bukan lagi khayalan, mobil yang bisa mengemudi sendiri kini memang sudah ada. Tak hanya pada Tesla Model 3, Tesla Model S dan X rupanya juga telah dibekali dengan teknologi canggih ini.

Untuk menghidupkan mode autopilot, pengguna cukup mengaktifkan fitur navigasi dan tentukan lokasi yang ingin dituju. Setelah itu, tekan tombol navigate on auto pilot. Selanjutnya fitur Traffic-Aware Cruise Control dan Auto-Steer akan aktif secara otomatis.

Jika mode auto pilot sudah selesai, pengguna dapat menaikkan tuas di sebelah kanan kemudi untuk kembali menyetir seperti biasa.

Sebagai informasi, traffic-aware cruise control dan auto-steer dapat diaktifkan secara terpisah, tidak selalu menggunakan fitur autopilot. Turunkan tuas sekali untuk traffic-aware cruise control dan turunkan tuas dua kali untuk auto-steer.

Kecepatan dan jarak berkendara pun dapat diatur sesuai keinginan melalui tombol-tombol yang ada pada kemudi. Layar panel akan memberi informasi seputar kecepatan dan jarak berkendara yang telah diatur.

Bagi yang meragukan keamanan dari fitur autopilot ini, melalui laman resminya Tesla menjelaskan sensor coverage untuk model ini sudah dioperasikan dengan sangat detail.

Fitur Auto Steer+ dan Smart Summon-nya juga dijelaskan mampu membantu autopilot bekerja lebih aman karena mampu mengemudi otomatis di jalanan dan lingkungan yang kompleks. Meski dapat berjalan tanpa kendali sama sekali, ada baiknya jika tangan pengguna tetap berada pada kemudi dan mata tetap fokus pada jalan.

Sumber gambar: ibtimes

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas