Penghasilan Rp3 Juta Hingga Rp5 Juta Bisa Beli Mobil! Simak Hitungannya agar Tidak Tekor

Ditulis oleh : Hizkia Oloan Panjaitan

23 Oct 2019

momobil.id - Mobil menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat lantaran menawarkan kenyamanan dan mampu mengangkut banyak orang. Meski begitu, tak semua orang mampu membeli mobil karena harganya yang dibanderol puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Pilihan yang dijadikan rekomendasi kemudian jatuh pada mobil bekas karena harga yang ditawarkan lebih murah ketimbang mobil baru.

Bagi kalangan yang penghasilannya masih terbilang pas-pasan, membeli mobil bekas termasuk keputusan yang membutuhkan pertimbangan matang. Jika mampu membeli mobil bekas dengan harga murah secara tunai atau kredit, hal berikutnya yang harus dipertimbangkan adalah kemampuan membayar pajak tahunan dan biaya perawatan mobil itu sendiri. Biaya-biaya tersebut harus benar-benar dihitung agar tidak menyenggol anggaran rumah tangga untuk kebutuhan sehari-hari.

Bagi yang memiliki penghasilan sebesar Rp3 juta hingga Rp5 juta per bulan, sebenarnya tak menutup kemungkinan untuk membeli mobil. Penghasilan Rp3 juta hingga Rp5 juta per bulan bisa membeli mobil bekas, namun harus diingat bahwa mobil bekas yang dipilih pun tidak bisa asal pilih.

Konsumen dapat mencari mobil bekas dengan tahun yang lebih tua agar harganya lebih terjangkau dengan banderol di bawah Rp100 juta. Hal ini bertujuan agar cicilan mobil tidak membebani pengeluaran bulanan dan bisa tuntas sampai lunas.

Lalu, apa saja mobil yang bisa dipilih? Berikut daftar rekomendasi mobil bekas yang harganya cukup murah bagi konsumen dengan penghasilan bulanan Rp3 juta hingga Rp5 juta.

Penghasilan Rp5 juta

Daftar mobil bekas yang bisa dipilih untuk konsumen dengan penghasilan Rp5 juta per bulan cukup beragam. Tenor yang ditawarkan biasanya selama tiga tahun, dengan besaran uang muka sebesar 30-50 persen agar cicilan tidak terlalu memberatkan.

Datsun GO Plus 1.2 A M/T (tahun 2014)

  • Harga Mobil                                        : Rp65.000.000
  • Uang muka (DP)                               : Rp26.000.000 (40%)
  • Tenor (maksimal)                            : 3 Tahun (36 Bulan)
  • Total angsuran per bulan           : Rp1.213.333

Toyota Avanza G M/T (tahun 2011)

  • Harga mobil                                        : Rp85.000.000
  • Uang muka (DP)                               : Rp42.500.000 (50%)     
  • Tenor (maksimal)                            : 3 Tahun (36 Bulan)
  • Total angsuran per bulan          : Rp1.322.222

Kia Picanto Cosmo EX A/T (tahun 2014)

  • Harga mobil                                       : Rp68.000.000
  • Uang muka (DP)                               : Rp20.400.000 (30%)
  • Tenor (maksimal)                            : 3 Tahun (36 Bulan)
  • Total Angsuran per Bulan          : Rp1.480.888

Hyundai I10 GL M/T (tahun 2011)

  • Harga mobil                                       : Rp77.000.000
  • Uang muka (DP)                               : Rp30.800.000 (40%)
  • Tenor (maksimal)                            : 3 tahun (36 Bulan)
  • Total angsuran per bulan          : Rp1.437.333

Penghasilan Rp3 juta

Ketika penghasilan masih di angka Rp3 jutaan dan sudah sangat membutuhkan mobil, hal yang harus diperhatikan adalah memastikan tidak memiliki cicilan utang lainnya. Artinya, pengeluaran selama ini hanya untuk kebutuhan primer saja. Dengan penghasilan sekitar Rp3 jutaan, tak perlu tergesa-gesa memutuskan untuk mengambil cicilan mobil. Lebih baik sisihkan uang sebesar uang muka pembelian mobil pada umumnya, lalu beli mobil dengan tahun pembuatan yang sudah agak tua.

Cara ini lebih dianjurkan agar tidak memberatkan dan menganggu pos kebutuhan sehari-hari dalam rumah tangga. Saat memilih mobil dengan tahun tua, carilah mobil yang perawatannya murah dan bahan bakarnya cukup irit agar pengeluaran tidak terbebani. Lalu, apa saja rekomendasi mobilnya? Berikut daftar pilihannya.

Daihatsu Ceria

Mobil besutan Daihatsu ini bisa dibilang sebagai cikal bakal mobil LCGC. Saat ini mobil tersebut dijual dengan banderol sekitar Rp20 jutaan. Daihatsu Ceria menggendong mesin 850 cc dan konsumsi bahan bakarnya sangat irit. Daihatsu Ceria memiliki rasio bahan bakar 1:11 ketika menempuh jalanan dalam kota dengan kondisi super macet dan 1:27 untuk perjalanan luar kota. Biaya perawatannya pun cukup terjangkau.

Toyota Corolla

Rekomendasi selanjutnya ialah Toyota Great Corolla atau yang biasa disebut Toyota Greco. Mobil ini masih sangat tangguh dikendarai jika dirawat dengan baik. Toyota Greco dengan tipe SE diproduksi pada tahun90'an dengan kapasitas mesin 1.300 cc. Saat ini mobil tersebut dibanderol Rp30 juta-Rp50 juta.

Suzuki Karimun

Suzuki Karimun tipe kotak yang diproduksi tahun 2000an awal bisa juga masuk daftar rekomendasi. Mobil city car ini dapat dipacu dengan kecepatan maksimal 140 km/jam. Ohiya, mobil ini dibanderol sekitar Rp40 jutaan di pasar mobil bekas.

Honda Civic Genio

Jika mencari mobil sedan di bawah Rp50juta, Honda Civic Genio tahun 1992 dan 1993 bisa masuk daftar rekomendasi! Desain elegan dan sporty membuat mobil ini tidak termakan zaman. Biaya perawatan dan juga bahan bakarnya pun relatif terjangkau.

Baca Juga: Perbedaan ban radial dan ban bias yang perlu kamu tahu

Setelah membaca daftar rekomendasi di atas, kamu bisa mulai menghitung beban pengeluaran jika ingin membeli mobil. Pastikan menghitungnya dengan cermat dan pikirkan tanggungan apa saja yang harus dibayar ketika sudah memiliki mobil. Jangan sampai nantinya keuangan rumah tangga menjadi kritis hanya karena keinginan memiliki mobil.

Sumber gambar: IST

  • Editor's Choice
  • Mobil Bekas Murah
  • Kredit Mobil Bekas
  • beli mobil bekas
  • Tips beli mobil

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA UTARA

2018
Otomatis

219 juta

JAKARTA UTARA

2018
Otomatis

220 juta

JAKARTA UTARA

2018
Otomatis

219 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More