Penjelasan Arti Indikator Huruf di Speedometer Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 23 August 2020

Penjelasan Arti Indikator Huruf di Speedometer Mobil

momobil.id – Layar multi-information display (MID) menampilkan berbagai macam informasi yang perlu diketahui pemilik mobil. Selain gambar dan angka, ada juga yang berbentuk huruf. Arti indikator huruf di speedometer ini sebaiknya juga diketahui karena menunjukkan informasi yang cukup penting.

Setidaknya ada empat indikator huruf di speedometer yang akan dibahas pada artikel ini. Seperti indikator ECO, ABS, H dan C, serta E dan F. Berikut penjelasan selengkapnya seperti dilansir Kumparan.

ECO

Bila tanda ECO menyala, artinya gaya berkendara pengemudi bisa menghemat konsumsi BBM. Istilah sederhananya, mobil tak boros bensin. Sebenarnya ini bisa didapat dengan teknik injak pedal gas dan perpindahan gigi yang tidak agresif. Hanya saja simbol atau indikator ECO ini memang belum tersedia pada seluruh jenis dan merek mobil.

ABS

Bila indikator ini menyala terus menerus, bisa jadi ada yang tidak beres dengan sistem pengereman ABS mobil. Ada beberapa penyebabnya, salah satunya karena level oli cairan rem turun.
Bila simbol huruf ini menyala tiba-tiba saat mobil melaju, sebaiknya segera turunkan laju kecepatan. Bila memungkinkan langsung bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa.

H dan C

Kedua huruf ini terdapat pada indikator suhu mesin. H sendiri punya makna ‘Hot’, atau temperatur mesin sudah terlalu panas dan berpotensi overheat. Tentu ini harus diwaspadai pengemudi. Bila jarum dalam posisi H, sebaiknya segera ambil tindakan untuk menurunkan suhunya. Sementara C berarti ‘Cold’, artinya masih dalam kondisi dingin. Idealnya, saat mobil sedang dalam kondisi berjalan, jarum pada indikator temperatur mesin ada di antara kedua huruf tersebut.

Baca juga: Praktisnya Kursi Toyota Sienta Welcab, Belum Masuk Mobil Bisa Langsung Duduk

E dan F

Dua indikator ini memberikan petunjuk soal kondisi bahan bakar mobil. E mewakili ‘Empty’ atau sisa bahan bakar yang ada di tangki sudah menipis atau habis. Sedangkan F yaitu ‘Full’, tandanya mobil Anda masih banyak atau penuh.
Sebagai pengemudi, sudah semestinya memperhatikan kondisi BBM secara berkala ke layar MID. Jangan sampai mobil mogok karena kehabisan bensin.


Kembali ke atas