Penjelasan BMW Menghadirkan iX3 Sebagai Mobil Listrik di Kelas SUV

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 2 November 2020

Penjelasan BMW Menghadirkan iX3 Sebagai Mobil Listrik di Kelas SUV

momobil.id – Sejak Juli 2020, BMW telah resmi mengungkap tampilan mobil listrik iX3. Mobil ini merupakan SUV pertama BMW yang menggunakan mesin bertenaga listrik murni.

Kehadiran iX3 semakin menambah jajaran mobil listrik BMW seperti i8 berwujud roadster dan i3 hatchback mungil. Alasan utama lainnya mengapa BMW memilih segmen SUV pada mobil listrik anyarnya itu karena saat ini tren mobil bergaya maskulin tersebut sedang positif di seluruh dunia.

“Di pasar global, angka penjualan BMW didominasi oleh SUV, dan X3 jadi yang paling tinggi,” ujar Spokesperson MW i and Electromobility BMW AG, Wieland Bruch, dalam media virtual talk show, seperti dilansir kumparan.

Lebih lanjut, kata Wieland, saat ini mayoritas orang di seluruh dunia lebih mementingkan unsur fungsionalitas dan kepraktisan. Atas dasar itulah, pemilihan basis X3 pun dirasa paling tepat.

Ya, sebagai sebuah SUV kompak, BMW X3 dinilai mampu memenuhi berbagai hal yang dibutuhkan oleh konsumen di dunia saat ini. “Karena X3 memiliki keunggulan dalam hal kelapangan kabin, fungsionalitas, posisi duduk yang nyaman, dan mampu melalui medan jalan yang kurang baik,” jelas Weiland.

Meskipun berstatus sebagai SUV, namun bukan berarti iX3 ini dapat diajak bermain di medan offroad yang sangat berat. Sebab secara konsep, lanjut Weiland, iX3 didesain dengan tujuan mengedepankan unsur efisiensi dan mampu melaju dengan jarak yang sangat jauh.

Baca juga: Cara Menggunakan Shift Lock Pada Mobil Matic ketika Parkir Paralel

Sehingga, sistem penggerak roda yang digunakan pada mobil ini pun hanya rear wheel drive, dan bukan all wheel drive. Adapun BMW iX3 hadir dengan mengusung motor listrik synchronous generasi kelima dari BMW eDrive Technology. Di atas kertas, motor listrik yang dipadukan dengan sistem transmisi 1 percepatan itu, mampu menghasilkan tenaga 286 dk dan torsi maksimum 400 Nm.

Guna menyuplai kebutuhan listriknya, BMW iX3 ini didukung dengan baterai lithium ion 400 volt dengan 232 Ah berdaya 80.0 kWh, Untuk pengisian daya dari 0 hingga 100 persen, membutuhkan waktu 7,5 jam dengan pengisian daya normal berdaya 11 kW. Sedangkan untuk fast charging-nya yang berdaya 150 kW, hanya perlu 34 menit saja untuk mencapai 80 persen dari 0.

Sumber gambar: BMW Group


Kembali ke atas