Penjelasan Mengenai Sasis dan Bodi Pada Sebuah Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 21 February 2021

Penjelasan Mengenai Sasis dan Bodi Pada Sebuah Mobil

momobil.id – Tak hanya mesin, sasis dan bodi juga termasuk bagian penting pada mobil. Namun mungkin belum semua orang mengetahui penjelasan lengkap apa itu sasis dan bodi pada sebuah mobil.

Baik bodi maupun sasis memiliki peran vital pada sebuah mobil. Hal ini karena keduanya tergolong bagian dasar ketika merakit sebuah mobil.

Mengutip dari buku “Pengenalan Bodi Otomotif” karangan Buntarto yang dilansir Kompas.com, bagian mobil terbagi dalam dua kelompok besar, yaitu bodi dan sasis. Bodi itu sendiri dibentuk sedemikian rupa dan terbuat dari bahan pelat logam yang tebalnya antara 0,6 mm-0,9 mm sebagai tempat penumpang ataupun barang.

Konstruksi bodi itu sendiri terbagi menjadi dua, yakni terpisah (composite) dan menyatu (monokok). Jenis yang terpisah itu bodi dan rangkanya tidak menyatu, sedangkan yang menyatu antara bodi dan rangka tersusun menjadi satu kesatuan.

Lalu, apa itu sasis mobil? Sasis adalah bagian dari kendaraan yang berfungsi sebagai penopang bodi. Pada awal perkembangan teknologi bodi dan rangka, keduanya dibuat secara terpisah, tetapi belakangan dibuat menyatu (bodi monokok) atau disebut juga integral bodi, contohnya pada sedan.

Sasis itu sendiri memiliki beberapa jenis, seperti Ladder Frame. Pengertiannya merupakan sasis yang bentuknya menyerupai tangga dan biasanya terbuat dari material baja simetris, terkadang diperkuat besi menyilang agar tetap menjaga kekuatan strukturnya.

Baca juga: Harga Tak Sampai Rp300 Juta, Ini Deretan Mobil dengan Fitur Cruise Control

Selanjutnya monokok, pada sasis jenis ini bodi mobil berfungsi sebagai sasis sehingga bentuknya sangat tergantung dari model mobilnya itu sendiri. Kekuatan utamanya terdapat pada lembaran baja yang disatukan. Akhir-akhir ini mobil penumpang ringan banyak menggunakan rangka terpisah, kemudian dilas dengan bodi menjadi satu unit dan biasa disebut bodi monokok.


Kembali ke atas