Penjelasan Mengenai Tune Up dan Manfaatnya Bagi Mobil

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 26 January 2021

Penjelasan Mengenai Tune Up dan Manfaatnya Bagi Mobil

momobil.id – Perawatan mobil yang rutin sangat diperlukan untuk menjaga performa mobil agar tetap dalam kondisi prima. Salah satu layanan yang sering dijadikan pilihan adalah tune up. Sering sekali kita menjumpai layanan tune up mobil di bengkel. Simak rangkuman di bawah untuk lebih mengenal tentang tune up mobil.

Secara umum, tune up mobil berarti standarisasi komponen dengan cara penyetelan ulang hingga penggantian komponen sehingga sistem mobil kembali seperti sedia kala. Manfaat tune up adalah untuk mengembalikan performa mobil, mencegah kerusakan, dan memeriksa komponen-komponen pada mobil agar selalu dalam kondisi baik.

Layanan tune up akan berfokus pada beberapa komponen untuk diperiksa. Pertama ada aki. Pemeriksaan aki menjadi salah satu bagian penting dalam proses tune up. Biasanya aki akan diperiksa tegangan dan kondisi elektrolitnya.

Penyebab Aki Mobil Tekor
Ilustrasi pemeriksaan aki

Lalu ada pemeriksaan celah busi. Pemeriksaan dilakukan dengan cara mengecek api yang keluar. Dalam kondisi normal, api yang keluar tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Baca juga: Suara Mesin Mobil Berisik? Ketahui Daftar Penyebabnya

Berikutnya, untuk mobil yang memiliki sistem katup konvensional, akan dilakukan pemeriksaan celah katup dan disetel sesuai standar. Untuk mobil modern, celah katup tidak perlu diperiksa. Hal ini dikarenakan adanya sistem Hydraulic Lash Adjuster (HLA) yang memungkinkan celah katup diatur secara otomatis oleh tekanan oli mesin.

Tak lupa juga ada pemeriksaan karburator pada mobil non injeksi dan pemeriksaan throttle body pada mobil injeksi. Pemeriksaan kondisi karburator dan throttle body ini sangat penting agar tidak terjadi masalah pada mobil Sahabat Momo semua.

Ilustrasi oli mesin
Ilustrasi oli mesin

Yang tak kalah penting adalah pemeriksaan oli. Pemeriksaan ini meliputi oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, dan oli gardan. Memastikan kondisi oli dalam keadaan sehat sangat bermanfaat untuk performa mobil dalam menunjang kenyamanan kan keselamatan dalam berkendara.

promo
Promo tune up mobil di Moservice.id

Nah, jika Sahabat Momo sudah mengenal apa itu tune up mobil dan manfaatnya, jangan lupa untuk melakukan tune up mobil agar performa mobil selalu terjaga. Jika ingin melakukan tune up mobil, Sahabat Momo bisa booking melalui Moservice.id. Selain proses bookingnya mudah, di Moservice.id juga tersedia berbagai macam layanan servis mobil yang lengkap dan promo-promo fantastis setiap bulannya. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu gunakan Moservice.id untuk keperluan servis mobil kamu ya.

mobil terkait

Rp 185.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 187.000.000

Individu

PADANG

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas