Penjelasan Singkat tentang Airbag Mobil: Sejarah dan Cara Kerjanya

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

09 Aug 2019

momobil.id - Fitur keselamatan sangat penting dimiliki oleh setiap mobil, salah satunya airbag atau kantong udara. Airbag berfungsi untuk mencegah penumpang mengalami benturan dengan komponen mobil lainnya saat terjadi tabrakan.

Airbag pertama kali ditemukan oleh John W Hetrick setelah dirinya mengalami kecelakaan lalu lintas. Kemudian dipatenkan tahun 1952.

Mengenai sistem kerja, airbag dapat mengembang dalam waktu yang cepat, yaitu kurang dari 0,05 detik, dimana waktu tersebut merupakan durasi tabrakan dan sistem kantong udara diaktifkan.

Sistem kerja airbag didukung sensor pada bagian depan yang dapat mendeteksi terjadinya tabrakan. Saat terjadi tabrakan, sensor akan mengirim sinyal ke controller agar dapat mengaktifkan kantong udara.

Selain waktu mengembangnya yang cepat, airbag dapat mengembang lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan pesawat saat lepas landas, yaitu mencapai 320 kilometer per jam. Maka dari itu, airbag sangat cocok digunakan sebagai fitur keselamatan. Sebagai informasi, airbag memiliki volume sebanyak 55 liter. Volume itu meningkat menjadi sekitar 120 liter untuk airbag sisi penumpang.

Mobil wajib dilengkapi airbag

Pada tahun 1998, semua mobil di Amerika Serikat wajib dilengkapi fitur keselamatan kantong udara. Minimal dua airbag, untuk pengemudi dan penumpang depan yang sekiranya lebih beresiko karena kepala akan terbentur setir dan dashboard mobil jika bertabrakan.

Faktanya, airbag memang sangat bermanfaat bagi pengemudi. Sejak tahun 1955, sudah ada 1.700 orang terselamatkan dari benturan karena adanya airbag dan pasti terus meningkat hingga saat ini.

Sumber gambar: smartmotorist

  • MoKredit (Display)
  • Airbag
  • airbag mobil
  • fungsi airbag

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA BARAT

2013
Manual

92 juta

JAKARTA BARAT

2014
Otomatis

178 juta

JAKARTA BARAT

2015
Manual

178 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More