Penjualan Menurun, Toyota Suntik Mati Yaris untuk Pasar AS

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 July 2020

Penjualan Menurun, Toyota Suntik Mati Yaris untuk Pasar AS

momobil.id – Lantaran kurang diminati pasar di Amerika Serikat, Toyota telah resmi menghentikan produksi Yaris di negeri Paman Sam. Kehadiran mobil crossover diduga menjadi pemicu mobil sedan hatchback seperti Toyota Yaris jadi kurang diminati di pasar AS

Seperti dilansir Kumparan yang mengutip Carscoops, rencana Toyota ini bocor akibat sebuah surat memo yang tersebar di media sosial. Dalam surat resminya dengan logo kop Toyota tersebut, dikatakan bahwa Yaris hatchback dan Yaris sedan akan dihentikan produksinya mulai akhir Juni 2020 di Amerika Serikat. Meski demikian, Zach Reed selaku perwakilan Toyota di Amerika Utara memastikan bahwa negara lainnya di benua Amerika akan tetap memasarkan Yaris.

Tak hanya Yaris sedan dan Yaris hatchback, kemungkinan untuk memasarkan Yaris Crossover di tahun mendatang pun dinilai sangat kecil peluangnya. Penjualan mobil Toyota Yaris di AS yang mengalami penurunan drastis dalam beberapa tahun terakhir diduga menjadi alasan utamanya. Berdasarkan situs Carsalesbase, Toyota hanya mampu menjual 2.181 unit di tahun 2019, hanya meningkat sedikit dari 1.940 unit yang terjual di tahun 2018. Berbanding terbalik di tahun 2016 yang angka penjualannya mencapai 10.872 unit.

“Yaris Hatchback dan Yaris sedan tidak akan tersedia untuk model tahun 2021. Model tahun 2020 akan menjadi tahun terakhir untuk Yaris,” kata Christine N. Henley selaku Manajer Komunikasi Toyota wilayah Amerika Utara dan Barat.

Adapun selain penjualan yang terus menurun, alasan disuntik matinya Yaris juga disebabkan adanya aturan baru terkait homologasi tambahan. “Segmen entry-subkompak memiliki peraturan baru yang memerlukan homologasi tambahan. Regulasi itu, ditambah dengan penurunan penjualan di segmen tersebut, adalah beberapa alasan di balik keputusan ini,” ujar salah satu perwakilan Toyota dilansir dari CarAndDriver.

Baca juga: Beredar Wujud Kia Carnival Terbaru, Dimensi Lebih Bongsor

Secara spesifikasi, Yaris yang dipasarkan di Amerika Serikat ini memang jauh berbeda dari Yaris yang dipasarkan di Asia. Resmi meluncur pada tahun lalu di ajang New York Auto Show, Yaris di Amerika Serikat ini merupakan rebadge dari Mazda2. Tidak heran, jika tampilan eksterior dan interior dari Yaris ini memiliki kemiripan dengan Mazda2.

Pada dapur pacunya, Yaris ini dipersenjatai mesin SkyActiv milik Mazda2 berkapasitas 1.5 liter 4-silinder. Mesin itu menghasilkan tenaga 106 dk. Meski eksistensi Yaris di pasar Amerika Serikat resmi dihentikan, Toyota tetap menjamin bahwa ketersediaan suku cadang terhadap Yaris akan tetap terpenuhi.


Kembali ke atas