Penjualan Sedikit, Honda Tegaskan Tetap Produksi Mobilio

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 18 March 2022

Penjualan Sedikit, Honda Tegaskan Tetap Produksi Mobilio

momobil.id – Honda Mobilio sempat tidak muncul dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dua bulan pertama Februari 2022. Produksi dan penjualan Honda Mobilio di Indonesia tercatat nihil. Meskipun demikian, PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan bahwa pihaknya masih menjual Honda Mobilio hingga saat ini.

“Kami masih memproduksi Honda Mobilio. Tidak ada rencana menghentikan produksi Honda Mobilio,” ujar Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM.

Honda Prospect Motor sengaja untuk tidak memasukkan nama Honda Mobilio pada data Gaikindo akibat masalah krisis chip semikonduktor. Oleh karena itu, tercatat penjualan dan produksi dari Honda Mobilio nihil. Pengurangan jumlah produksi Honda Mobilio merupakan salah satu cara Honda dalam merespon kekurangan chip semikonduktor.

Baca Juga: Honda HR-V Baru Segera Rilis, Segini Stok Versi Lawas

“Memang kami masih menghadapi kendala pasokan chip semikonduktor untuk Honda Brio yang komponennya sama dengan Honda Mobilio. Sehingga kami lebih mengutamakan produksi Honda Brio yang memiliki back order yang panjang,” ujar Billy.

Memprioritaskan Penjualan Honda Brio

Krisis chip semikonduktor memang menjadi salah satu hal yang berdampak kepada produksi mobil. Kekurangan chip semikonduktor ini terjadi karena permintaan kendaraan yang mendadak tinggi yang sebelumnya anjlok karena pandemi COVID-19. Untuk memperlancar produksi dan permintaan dari konsumen, Honda melakukan strategi yang sama, yaitu pengurangan terhadap produksi Honda Mobilio. Sementara itu, Honda menaikan produksi Honda Brio akibat permintaan yang tinggi.

Honda Brio sendiri sudah mengalami kenaikan penjualan yang signifikan. Pada bulan Februari 2022, tercatat bahwa penjualan Honda Brio sebesar 5.576 unit. Angka ini naik jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yatu Januari 2022 sebesar 4.489 unit. Penjualan yang naik dengan signifikan mengantarkan Brio menjadi mobil terlaris pada Februari 2022.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas