Penting! 5 Alasan Kenapa Proses Kredit Mobil Anda Ditolak

Ditulis oleh : admin | 25 January 2017

Penting! 5 Alasan Kenapa Proses Kredit Mobil Anda Ditolak

Semakin mudahnya proses pembelian mobil membuat setiap orang semakin tertarik untuk memiliki mobil pribadi. Namun, kendala keuangan seringkali beberapa orang lebih memilih membeli mobil bekas daripada mobil baru. Tentu saja, mobil bekas memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mobil baru. Apalagi saat ini, proses pembelian mobil bekas semakin mudah dilakukan dengan sistem kredit. Seperti halnya di Momobil.id, Anda cukup melakukan registrasi dan melakukan tahap-tahap sederhana yang dapat membuat Anda bisa melakukan kredit mobil secara mudah.

Baca Juga : 3 Cara Cepat Jual Mobil Anda Dengan Harga Tinggi

Namun, dibalik kemudahan tersebut, tetap masih ada beberapa kendala yang dialami konsumen saat mengajukan proses kredit. Kendala yang sering dialami konsumen adalah ditolaknya proses pengajuan kredit saat hendak melakukan proses registrasi. Ketika proses pengajuan kredit ditolak, kebanyakan konsumen seringkali menyalahkan pihak leasing, padahal alasan sebenarnya kenapa proses kredit konsumen ditolak karena ada beberapa pertimbangan yang penting. Lantas, apa saja yang menjadi alasan kenapa proses kredit mobil Anda ditolak? Berikut ulasannya!

Kredit ditolak
Source: blogspot.com

Nama Anda Termasuk Ke Dalam Blacklist Kredit

Sistem kredit yang semakin mudah membuat pihak bank juga mewaspadai setiap orang yang menggunakan fasilitas ini. Salah satu contoh yang paling sering diwaspadai adalah fasilitas kartu kredit. Untuk mengantisipasi hal-hal yang bermasalah, pihak bank memiliki sistem otomatis untuk mendata setiap orang yang menggunakan fasilitas ini. Jika–misalnya–Anda adalah nasabah bank dengan kartu kredit yang bermasalah, maka nama Anda akan dimasukkan ke dalam daftar blacklist. Data ini tentunya dimiliki oleh Bank Indonesia untuk mencakup setiap nasabah-nasabah bank yang bermasalah. Pada konteks ini, Bank Indonesia juga akan menerapkan sistem skor untuk menilai peringkat kredit seseorang. Pihak debit akan mendapat peringkat 1 jika Anda selalu melunasi cicilan tepat pada waktunya. Namun, jika Anda sudah menunggak lebih dari 270 hari–batas maksimal–maka Anda akan berada peringkat 5 atau paling bawah.

Penghasilan Anda Belum Mencukupi Untuk Melakukan Kredit

Melakukan kredit mobil tentunya harus dipertimbangkan secara matang. Sebelum melakukan kredit, sebaiknya Anda melakukan simulasi penghitungan kredit dan mengkalkulasikannya antara pendapatan dengan pengeluaran Anda setiap bulannya. Setelah itu, pastikan bahwa pendapatan Anda mencukupi untuk melakukan proses kredit mobil yang Anda inginkan. Tentu saja, pihak leasing pun biasanya memiliki analisis keuangan yang akan memperhitungkan penghasilan Anda dalam melakukan proses kredit mobil. Jika penghasilan Anda dirasa belum memenuhi kriteria pihak leasing, maka pihak leasing biasanya akan menolak pengajuan kredit mobil yang Anda lakukan dan jangan heran jika kredit ditolak langsung.

Persyaratan Kredit Tidak Lengkap

Bagi sebagian orang yang merasa memenuhi kriteria penghasilan untuk melakukan kredit mobil, justru malah seringkali menganggap sepele persyaratan-persyaratan yang diperlukan. Padahal persyaratan wajib saat mengajukan kredit mobil seperti, fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, fotokopi rekening listrik, bukti pembayaran PBB terakhir merupakan syarat yang harus dilampirkan saat mengajukan kredit mobil. Apabila saat mengajukan kredit persyaratan Anda tidak lengkap, besar kemungkinan proses kredit Anda tidak akan berjalan lancar atau pihak leasing tidak segan untuk menolak Anda.

Anda Kurang Kooperatif Saat Proses Kredit Berlangsung

Walaupun terkesan sepele, tapi hal-hal kecil saat mengajukan kredit perlu diperhatikan. Seperti, memberikan data yang sesuai dengan fakta dan akurat, serta Anda harus mau diajak kerjasama sehingga apabila pihak leasing melakukan survey maka data yang didapat akan sesuai dengan fakta yang ada.

Sejarah Pinjaman Anda Memiliki Track Record Yang Buruk

Masa lalu yang telah terjadi tidak lah perlu disesali. Walaupun pepatah tersebut begitu puitis, namun pihak leasing tidak akan bersikap manis kepada Anda memiliki catatan hutang yang buruk di masa lalu. Pihak bank atau kredit bahkan akan bersikap skeptis jika Anda memiliki catatan hutang yang buruk di masa lalu. Data pinjaman hutang akan tercatat di database pihak bank. Ketika Anda menyerahkan formulir pengajuan kredit, maka pihak bank akan melakukan verifikasi riwayat pembayaran pinjaman Anda terlebih dahulu. Perlu dicatat bahwa database tersebut tercatat di database Bank Indonesia dimana mencakup semua data dari seluruh bank yang ada di Indonesia. Catatan buruk pinjaman kredit Anda bisa saja dihapus bersih jika Anda menyelesaikan tunggakan pinjaman dari bank sebelumnya. Setelah itu, Anda akan bisa mengajukan kredit kembali kepada pihak bank atau leasing yang bersangkutan.

Nah, itu dia 5 alasan kenapa proses kredit ditolak ketika melakukan pengajuan pembelian mobil secara kredit. Jadi, walaupun saat ini proses pengajuan sudah semakin mudah, namun Anda juga harus memperhatikan segala hal yang berkaitan dengan syarat proses pengajuan kredit yang Anda inginkan. Semoga dengan adanya tulisan ini, wawasan tentang proses pengajuan kredit bisa Anda pahami sepenuhnya. Tentu saja, tulisan ini juga bisa Anda jadikan sebagai pedoman jika Anda hendak melakukan kredit mobil di Momobil.id. Semoga membantu!

mobil terkait

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 100.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 110.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas