Penting! Jenis – Jenis Asuransi Pada Kredit Mobil

Ditulis oleh : admin | 7 February 2017

Penting! Jenis – Jenis Asuransi Pada Kredit Mobil

Membeli mobil secara tunai memang menguntungkan secara harga sebab Anda akan mengeluarkan dana yang benar-benar sesuai dengan harga persis mobil. Beda dengan membeli mobil secara kredit yang akan mengeluarkan biaya lebih di atas harga persis mobil. Tapi bukan berarti membeli mobil secara kredit tidak menguntungkan sama sekali karena dengan kredit Anda tidak perlu menabung bertahun-tahun dalam membeli mobil.

Baca Juga : 3 Cara Menghindari Kredit Mobil Macet

Tidak hanya itu, beli mobil kredit juga akan diuntungkan dengan adanya asuransi mobil yang akan diberikan selama masa kredit berlangsung. Biasanya setiap leasing mobil akan menyediakan polis dan aturan pengajuan asuransi mobil secara berbeda-beda. Namun, walaupun berbeda-beda, jenis asuransi pada kredit mobil pasti akan sama pada setiap leasing. Ada 2 jenis asuransi kredit mobil yang pastinya akan Anda temui ketika melakukan kredit mobil. Apa saja itu? Yuk kita cek :

Jenis Asuransi Pada Kredit Mobil

1. Asuransi Mobil All Risk (Comprehensive)

Apa yang dimaksud dengan jenis asuransi pada kredit mobil yang satu ini? Namanya saja sudah all risk yang berarti semua resiko. Dengan asuransi ini, mobil Anda akan dijamin sepenuhnya, baik kerusakan ringan, kerusakan berat, hingga kehilangan. Jadi, jika mobil Anda lecet sedikit saja, maka klaim asuransi all risk ini akan menjamin segala biaya kerusakan yang akan ditanggung. Nah, untuk mendapatkan jenis asuransi pada kredit mobil yang satu ini Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, alias mahal. Kalau Anda mampu dan tidak mau menanggung resiko pada mobil yang sedang dikredit, asuransi all risk ini bisa Anda jadikan jenis asuransi pada kredit mobil yang tepat buat Anda. Berapa persen kah biaya asuransi all risk yang harus dibayarkan? Rate yang dibutuhkan sekitar 2,5% – 3,5% untuk jenis asuransi all risk. Biaya ini dibayarkan hanya sekali saja, tetapi hangus pada tahun berikutnya. Maka dari itu, jika ingin melanjutkan asuransi ini, Anda wajib membayar pada tahun-tahun berikutnya.

2. Asuransi TLO (Total Loss Only)

Kemudian apa pula itu jenis asuransi pada kredit mobil yang dikenal dengan istilah TLO ini? Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang paling umum digunakan orang ketika ingin kredit mobil. Pada asuransi jenis ini, mobil akan dijamin ketika terjadi kehilangan saja, baik itu akibat pencurian atau perampasan. Tapi yang dimaksud dengan TLO pada kasus ini sebenarnya adalah kerusakan mobil yang terjadi di atas 75%. Dengan kata lain, mobil benar-benar memang tidak bisa digunakan lagi sehingga asuransi wajib menggantinya. Jadi, berbeda dengan asuransi all risk, yang lecet sedikit pun akan diganti, sedangkan asuransi TLO hanya kehilangan saja atau kerusakan di atas 75% yang membuat asuransi berkewajiban untuk menggantinya. Untuk rate pembayaran asuransi ini membutuhkan 0,8% – 1%.

Itulah jenis asuransi pada kredit mobil yang mesti Anda ketahui. Dengan mengetahui hal ini, tentu proses kredit mobil Anda akan lebih terpercaya pada leasing-leasing terbaik. Salah satunya adalah Momobil.id, tempat jual beli mobil bekas terbaik di Jakarta. Dengan melakukan proses kredit mobil bekas secara online, tentu beli mobil bekas Anda jadi lebih praktis. Tidak percaya? Yuk cek!

mobil terkait

Rp 245.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 140.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 175.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 303.000.000

Individu

DEPOK

Rp 305.000.000

Individu

DEPOK

Rp 155.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas