Pentingkah Perawatan Mobil dengan Kuras Tangki BBM?

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 28 January 2019

Pentingkah Perawatan Mobil dengan Kuras Tangki BBM?

Tips Mobil Mobil Bekas

Menguras tangki BBM dianggap sebagai bagian dari perawatan mobil. Hal ini umumnya dilakukan terutama setelah kasus – kasus bermasalah besar menimpa, seperti terendam banjir dan sebagainya. Lantas, jika tidak ada masalah besar pada mobil, apakah Anda masih harus melakukannya?

Tanda-tanda tangki bensin bermasalah umumnya ditandai dengan kondisi mobil berjalan tersendat saat kecepatan konstan. Atau ada gejala mesin “batuk-batuk” seperti kehabisan bensin, dan bahkan mesin mati tiba-tiba setelah berhenti.

Indikasi lainnya tangki harus diperiksa jika Anda merasakan gejala tersendat pada mesin. Kualitas BBM yang kurang baik dan kotornya tangki karena karatan dapat mengakibatkan supply bensin tidak lancar. Penggunaan obat aditif tambahan ataupun membiarkan mobil dalam kondisi mati terlalu lama juga dapat menimbulkan pengendapan bahan bakar dalam tangki.

Pada tangki bbm, ada dua saringan yang biasanya terpasang. Pertama saringan luar, kedua saringan dalam. Saringan luar untuk filter bbm yang diisi dari SPBU. Sedangkan saringan dalam disebut dengan saringan kasar. Saringan dalam ini yang jika bermasalah akan membuat kondisi mobil tidak berfungsi maksimal. Penyebab utamanya adalah kotoran yang larut dalam bbm maupun masalah korosi pada tangki bensin.

Layanan full service pada bengkel umumnya tidak termasuk kuras tangki. Pengurasan tangki dilakukan jika benar-benar ada masalah yang dikeluhkan. Dan pengurasan tangki BBM secara regular dianggap tidaklah terlalu penting. Bahkan terbilang berdurasi lama dan mahal. Untuk pengurasan tangki, minimal satu hari penuh pengerjaannya.

Menguras terlalu sering dan membiarkannya tangki kosong cukup lama, justru menimbulkan korosi semakin cepat terjadi. Dan masalah korosi pada tangki bensin menjadi satu dari dua hal alasan besar pengurasan tangki bensin, selain tercampur air.

Bongkar pasang saat membersihkan tangki terbilang rumit, dan tak mungkin dikerjakan sendiri. Sebagai tempat penyimpanan bahan bakar, risikonya cukup tinggi bagi awam karena berkaitan dengan zat mudah terbakar. Butuh penanganan tepat dari ahli profesional dalam hal ini. sangat disarankan untuk proses ini,

Segeralah bawa mobil Anda ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya Anda untuk melakukan service dan pembersihan tangki bensin agar masalah selesai.

Proses bongkar – pasang dalam pembersihan tangki BBM terbilang cukup rumit. Jadi sebaiknya tidak Anda lakukan sendiri, meskipun mungkin biaya yang Anda keluarkan nantinya cukup mahal. Namun penanganan yang tepat sangat disarankan untuk proses ini, terlebih karena BBM adalah zat yang sangat mudah terbakar.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock


Kembali ke atas