Pentingnya Mengatur Spion Mobil Sebelum Berkendara

Ditulis oleh : admin | 22 January 2022

Pentingnya Mengatur Spion Mobil Sebelum Berkendara

momobil.id – Berkendara dengan mobil tidak hanya soal mengendalikan setir dan menekan pedal. Pengemudi harus memahami hal lain yang berkaitan dengan keselamatan, salah satunya adalah mengantisipasi keadaan sekitar mobil. Salah satu alat yang digunakan untuk melihat keadaan sekitar, terutama bagian kanan dan kiri adalah spion mobil. Mengatur spion mobil merupakan hal yang sangat penting, apalagi ketika berkendara.

Tidak semua area dapat terlihat oleh pengemudi. Area yang tidak dapat dilihat oleh pengemudi ini dinamakan blind spot. Blind spot sendiri banyak jenisnya, dan muncul dari bentuk dan dimensi kendaraan. Apabila pengemudi mengabaikan blind spot, tentunya hal ini akan berbahaya dan menyebabkan kecelakaan. Spion dapat membantu visibilitas pengemudi untuk area blind spot pada mobil. Oleh karena itu, spion mobil harus mencakup area yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi. Hal ini dilakukan agar pengemudi cukup melirik kaca spion untuk melihat sekitar kendaraan. Tentunya, pengemudi harus mengatur kaca spion mobil dengan benar agar pantulan yang dihasilkan kaca spion sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Berikut adalah tips untuk mengatur kaca spion dengan benar.

Baca Juga: Spion Elektrik Mobil Kamu Macet? Mungkin Ini Penyebabnya

Tips Mengatur Kaca Spion dengan Benar

Agar kaca spion dapat bekerja dengan optimal, pengemudi harus mengatur kaca spion terlebih dahulu sebelum berkendara. Perlu diingat bahwa pengaturan kaca spion harus dilakukan saat posisi diam. Pengaturan kaca spion saat mobil bergerak dapat membahayakan pengemudi.

Spion mobil terdapat pada bagian kanan, kiri, dan tengah. Pada bagian kanan, sisi blind spot lebih kecil dibandingkan dengan sisi kiri mobil. Saat mengatur spion kanan, patokannya berada pada bidang yang dipantulkan kaca spion terhadap area pandang tidak didominasi bodi kendaraan. Sekitar 5 % bodi kendaraan harus tercover oleh spion mobil.

Untuk bagian kiri spion, blind spot akan lebih besar dibandingkan dengan sisi kanan kendaraan. Keadaan sekitar pada bagian kiri harus lebih terlihat dengan luas. Untuk bagian spion tengah, gunakan mode siang hari saat berkendara. Apabila sedang memarkir mobil, arahkan spion sedikit ke bawah, agar posisi ban terhadap pembatas jalan dapat terlihat.

mobil terkait

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 347.000.000

Individu

JAKARTA

Rp 199.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 205.000.000

Individu

JAKARTA UTARA


Kembali ke atas