Penyebab AC Mobil Bau Apek, Mayoritas karena Hal Ini

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 8 July 2020

Penyebab AC Mobil Bau Apek, Mayoritas karena Hal Ini

momobil.id – Pendingin udara atau AC merupakan salah satu fitur standar yang ada di mobil untuk menambah kenyamanan penumpang. Namun udara yang dihembuskan AC mobil bisa saja membuat penumpangnya tidak nyaman jika mengeluarkan bau apek akibat kurang dirawat secara rutin.

AC mobil yang bau apek menunjukkan bahwa AC tersebut sedang tidak sehat. Penyebabnya cukup beragam, namun mayoritas karena evaporator sudah kotor. Selain itu, bisa juga karena posisi parkir terakhir mobil tidak baik, seperti langsung terpapar sinar matahari atau sekelilingnya kotor.

“Pastinya, kalau AC dinyalakan dan ada bau apek, berarti AC sudah tidak sehat meski udaranya masih dingin. Suhu normal AC itu tiga sampai delapan derajat (pengukuran dengan alat termometer digital). Kalau suhunya di atas itu, jelas AC mobil tidak normal atau tidak sehat,” jelas Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong, seperti dilansir Kompas.com.

Perawatan AC sebaiknya dilakukan secara rutin. Sebaiknya jangan hanya service standar dan ganti filter saja saat merawat AC. Namun juga cek komponen receiver dryer, expansion valve, hingga flushing system. Receiver dryer merupakan komponen yang memiliki peran penting untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam mesin atau sistem AC. Sementara expansion valve berperan mengubah freon yang cair ke dalam bentuk gas.

Adapun terkait penggantian filter AC, umumnya wajib diganti setiap 20.000-25.000 km. Kondisi ini berlaku jika udara di sekitarnya minim debu atau polusi. Jika sebaliknya, maka penggantian filter kabin sebaiknya dilakukan lebih cepat.

Bila selama masa pemakaian filter kabin tak pernah diganti atau dibersihkan, maka kualitas udara dalam kabin akan kotor karena sudah tercemar dengan debu dan polusi. Karena itu, Suparna menyarankan filter kabi diperiksa dan dibersihkan setiap dua sampai tiga bulan sekali.

Baca juga: Grille Mirip Datsun, Ini Bocoran Penampakan Nissan Magnite

Komponen berikutnya yang harus dirawat guna menjaga kinerja AC mobil tetap dingin optimal adalah evaporator. Komponen ini sebaiknya turut dibersihkan karena dilewati udara kotor selama pemakaian. Jika tak dibersihkan, maka udara yang keluar dari blower AC terasa tidak enak.

Untuk membersihkan evaporator, biasanya perlu membongkar dashboard karena letaknya tersimpan di bagian belakang. Namun saat ini, membersihkan evaporator sebenarnya tak perlu membongkar dashboard karena sudah ada alat khusus bernama endoskopi.


Kembali ke atas