Penyebab Aki Mobil Tekor yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 7 January 2021

Penyebab Aki Mobil Tekor yang Perlu Kamu Ketahui

momobil.id – Selain bahan bakar, aki atau baterai mobil juga berperan penting untuk suplai listrik yang memadai. Sebagai salah satu bagian yang penting dalam mobil, kondisi aki harus dijaga. Oleh karena itu, Sahabat Momo wajib mengetahui penyebab aki mobil tekor agar bisa meminimalisir risiko kerusakan aki.

Mobil jarang dipanaskan

Intensitas penggunaan mobil setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang sering memakai mobil untuk beraktivitas, ada pula yang jarang menggunakan mobilnya. Mobil yang jarang digunakan, sebaiknya jangan dibiarkan diam begitu saja. Walaupun tidak digunakan, mobil juga tetap harus dinyalakan atau dipanaskan.

Memanaskan mobil sangat berguna menjaga performa aki. Mobil yang lama tidak digunakan dan tidak dipanaskan akan berpotensi mengakibatkan aki yang tekor dan sulit untuk distarter.

“Kurang tepat membiarkan mobil tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, karena bisa menyebabkan aki tekor atau drop, sehingga kesulitan starter bisa terjadi,” ungkap Afriandi selaku Kepala Bengkel Auto2000 Denpasar kepada detik.com.

Air aki habis

Penggunaan aki mobil basah cukup memudahkan pengendara mobil> Pasalnya, pengisian air aki bisa dilakukan sendiri. Sayangnya, banyak yang masih lalai untuk mengecek sisa air aki. Sehingga bisa menyebabkan air aki habis di tengah jalan. Jika dibiarkan, makan aki akan cepat soak. Oleh karena itu, selalu cek air aki sebelum bepergian menggunakan mobil.

Baca juga: Tips Menggunakan Jumper Aki Ketika Mobil Sulit Dihidupkan

Usia aki yang tua

Semakin tua mobil maka semakin tua juga umur akinya. Aki dengan usia tua berpotensi memiliki daya penyimpanan listrik yang berkurang. Jka Sahabat Momo memiliki mobil tua, sebaiknya secara rutin melakukan penggantian aki kurang lebih 2-3 tahun sekali agar mesin mobil selalu prima dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mogok di tengah jalan.

Menyalakan AC atau audio

Penyebab aki mobil tekor selanjutnya adalah menyalakan AC atau head unit audio saat mobil masih dalam kondisi mati. Jika terlalu sering dilakukan, maka hal ini dapat memperpendek usia aki mobil. Oleh karena itu, sebaiknya jangan nyalakan AC atau audio sebelum mobil menyala.

Modifikasi aksesoris mobil

Melakukan modifikasi mobil tentunya akan mebuat mobil semakin keren dan tampil beda. Namun perlu diketahui juga, memodifikasi beberapa aksesoris mobil dapat mengakibatkan daya kerja aki meningkat. Terutama aksesoris yang menggunakan daya listrik seperti lampu, klakson, audio, dan sebagainya. Jika Sahabat Momo ingin melakukan modifikasi, pastikan daya aki cukup agar kondisi aki selalu terjaga.


Kembali ke atas