Penyebab dan Cara Mengatasi Air pada Tangki BBM Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 January 2023

Penyebab dan Cara Mengatasi Air pada Tangki BBM Mobil

momobil.id – Air dalam tangki bahan bakar dapat membuat performa kendaraan menurun dan tidak optimal. Hal ini terjadi karena air tidak memiliki karakter yang sama dengan bahan bakar, sehingga membuat mesin mobil bermasalah. Lantas, apa penyebab dari air yang timbul pada tangki BBM mobil>

Penyebab Adanya Air pada Tangki BBM

Ada berbagai penyebab lain munculnya air dalam tangki BBM. Berikut pembahasannya.

1. Kualitas Bahan Bakar yang Buruk

Salah satu penyebab munculnya air dalam tangki BBM adalah kualitas bahan bakar yang buruk. Bahan bakar dengan kualitas buruk dapat membentuk uap air dalam tangki. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja dari mesin mobil.

2. Tangki Bahan Bakar Tidak Terisi Penuh

Air yang muncul dalam tangki BBM muncul akibat adanya proses kondensasi atau pengembunan uap air. Biasanya, pengembunan terjadi akibat tangki bahan bakar yang kosong atau tidak terisi penuh. Ruang yang kosong dapat memicu terjadinya proses kondensasi. Jika dibiarkan, maka dapat memicu timbulnya karat pada tangki bahan bakar.

3. Retakan pada Selang Bahan Bakar

Kerusakan komponen yang berhubungan dengan tangki BBM daat menyebabkan air masuk. Salah satunya adalah adanya retakan pada selang bahan bakar, khususnya pada leher pipa pengisian. Air bisa saja masuk apabila mobil sedang menerjang genangan air atau banjir.

4.Komponen Charcoal Canister yang Buruk

Charcoal Canister atau EVAP canister merupakan tabung karbon aktif yang berfungsi membantu proses pembakaran. Tabung tersebut memiliki fungsi sebagai penampungan uap bahan bakar. Apabila terjadi kerusakan, maka filter yang bertugas menyerap uap akan tidak akan bekerja secara optimal. Uap air bisa saja tercampur dengan bahan bakar.

5. Kondisi dari Tangki BBM

Tangki BBM dengan kondisi yang buruk dapat menyebabkan air masuk ke dalam. Kondisi yang buruk berupa adanya kebocoran atau celah kecil pada tangki BBM. Celah-celah atau kebocoran pada tangki bahan bakar dapat menyebabkan air masuk ke dalam tangki.

6. Sistem Ventilasi Bahan Bakar Rusak

Bila sistem ventilasi tangki bahan bakar tidak bagus, maka suhu dalam tangki dengan suhu luar akan berbeda. Pada akhirnya dapat menimbulkan proses kondensasi di dalam tangki BBM.

Baca Juga: Mobil Lama Parkir di Garasi Sebaiknya Isi Penuh Tangki BBM, Ini Sebabnya

Dampak yang Ditimbulkan

Ada berbagai hal yang ditimbulkan ketika air masuk ke dalam tangki BBM.

1. Konsumsi Bahan Bakar Boros

Masuknya air ke dalam tangki BBM dapat menimbulkan konsumsi BBM kendaraan menjadi lebih boros. Hal ini terjadi karena bahan bakar tercampur dengan air, sehingga kualitasnya menjadi menurun. Bahan bakar dengan kualitas buruk dapat membuat pembakaran tidak sempurna dan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

2. Akselerasi Kendaraan Melambat

Kondisi bahan bakar yang tercampur dengan air dapat membuat pembakaran menjadi tidak sempurna. Hal ini dapat berdampak pada performa kendaraan. Mobil akan terasa kehilangan tenaga saat berakselerasi.

3. Terjadinya Water Hammer

Water hammer merupakan kondisi di mana air masuk ke dalam ruang bakar atau sistem pelumasan dengan jumlah yang banyak. Hal ini dapat mengakibatkan komponen dalam mesin rusak, sehingga mobil sulit untuk dinyalakan.

Cara Mengatasi Air Masuk ke Dalam Tangki

Untuk mengatasi masuknya air ke dalam tangki BBM, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Menguras tangki bahan bakar untuk mencegah adanya air pada bahan bakar.
  • Menggunakan fuel conditioner dengan menuangnya ke dalam tangki bahan bakar.

mobil terkait

Rp 226.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 168.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 230.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 226.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 194.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 354.000.000

Individu

PEKANBARU


Kembali ke atas