Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 4 April 2024

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

momobil.id – Rem tangan merupakan salah satu sistem pengereman yang berfungsi agar mobil tidak bergerak saat diparkir di bidang datar atau miring. Seringkali pemilik mobil menemukan kondisi rem tangan yang kurang pakem. Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi rem tangan mobil yang kurang pakem?

Tanda Rem Tangan Mobil Bermasalah

Sebelum mengetahui penyebab dan cara mengatasi rem tangan yang bermasalah, ada baiknya untuk mengenal tanda-tandanya terlebih dahulu.

1. Muncul Suara Klik Berlebihan pada Rem Tangan

Umumnya, rem tangan akan memunculkan suara klik sebanyak 1 kali atau 5-7 kali ketika diangkat atau diturunkan. Apabila muncul suara klik yang berlebihan ketika menarik atau menurunkan rem tangan, maka pemilik mobil perlu berhati-hati. Pasalnya, hal ini menandakan bahwa ada masalah terhadap sistem rem tangan.

2. Tarikan dan Lepasan Rem Terasa Keras

Ketika tarikan dan lepasan tuas rem terasa keras, maka ada masalah pada rem tangan. Pada umumnya, kondisi ini disebabkan akibat komponen pada tuas rem yang kotor, atau kampas rem yang sudah menipis. Jika dibiarkan, rem tangan berisiko tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Baca Juga: Sebaiknya Tak Gunakan Rem Tangan ketika Berhenti di Lampu Merah, Apa Alasannya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Tangan yang Kurang Pakem

Kondisi rem tangan yang kurang pakem tentu disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini merupakan penyebab beserta cara mengatasi rem tangan yang kurang pakem.

1. Kondisi dari Brake Shoe

Salah satu penyebab yang mempengaruhi rem tangan yang kurang pakem adalah kondisi dari brake shoe. Brake shoe merupakan komponen rem berbentuk seperti bantalan yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan mobil. Kondisi brake shoe yang tipis tentu berpengaruh terhadap kinerja dari rem tangan mobil.

Apabila brake show sudah terlalu tipis, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Pilihlah brake shoe original dengan kualitas bagus dan baru. Hindari memiliki brake show dengan merek yang tidak jelas karena berpengaruh terhadap kualitasnya.

2. Kesalahan Setelah Brake Shoe

Selain kondisinya, setelan brake shoe yang tidak sesuai juga berpengaruh terhadap rem tangan kendaraan. Brake shoe dapat disetel sedemikian rupa agar kondisi rem tangan tetap tapek. Setelan brake show yang kurang turun dapat membuat rem tangan kurang pakem dan kondisi tuas rem menjadi lebih tinggi ketika diaktifkan.

Untuk mengatasi hal ini, perlu bantuan mekanik yang paham soal sistem rem mobil. Setelan tuas rem tangan perlu diatur ulang melalui adjuster yang berada pada komponen tromol.

3. Kampas Rem yang Menipis

Komponen kampas rem berada di atas brake show. Saat kampas rem mobil menipis, mobil bisa saja berjalan ketika rem tangan diaktifkan. Hal ini tentunya sangat berbahaya dan berpotensi menabrak kendaraan lain ketika mobil diparkir.

Jika kampas rem sudah menipis, ada baiknya untuk menggantinya dengan yang baru. Pilih kampas rem mobil original, sebab kualitas kampas rem berpengaruh terhadap daya cengkram rem tangan. Selain itu, lakukan pengecekan kampas rem setiap 10.000 km.

4. Karat dan Kondisi Rem yang Kotor

Kondisi rem yang kotor atau berkarat tentu membuat rem daya cengkramnya menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, lakukan pengecekan rem tangan mobil, dan segera bersihkan apabila ada karat atau kotoran. Pemilik mobil bisa melakukan hal ini dengan membawa mobil ke bengkel resmi.

5. Mengaktifkan Rem Tangan Terlalu Lama

Penggunaan dari rem tangan sebaiknya dilakukan dengan bijaksana. Meskipun berfungsi sebagai rem parkir, penggunaan rem tangan ketika mobil diparkir berbulan-bulan dapat mempengaruhi daya cengkram dari rem. Jika berencana memarkir mobil dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk mengganjal ban mobil agar tidak bergerak.

Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 236.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas