Agar Tidak Overheat, Cek Daftar Cairan Penting yang Dibutuhkan Mobil

Ditulis oleh : redaksi

02 Dec 2019

momobil.id - Ibarat tubuh manusia, sebuah mobil juga membutuhkan cairan di dalamnya. Kegunaan cairan pada sebuah mobil yaitu untuk menjaga performanya agar tetap prima. Jika ada cairan tertentu yang berkurang atau tidak mencukupi kadar minimum, maka hal itu berpotensi menjadi penyebab mobil mengalami overheat. Cairan di mobil memiliki pengaruh penting terhadap kinerja sebuah mobil. Apabila cairan tersebut kurang atau kosong maka akan berakibat fatal pada mobil tersebut. Artikel ini telah merangkum cairan yang memiliki peranan penting pada sebuah mobil. Ada setidaknya delapan cairan yang berhubungan langsung dengan mesin mobil dan memerlukan perhatian lebih agar tidak menjadi penyebab mobil mengalami overheat. Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini. Baca Juga: Daftar mobil termahal di dunia, ada yang harganya ratusan miliar rupiah!

Oli Mesin

Pengecekan oli mesin mobil harus dilakukan secara rutin agar tidak berakibat buruk pada performa kendaraan. Cek ketinggian oli dengan baik supaya tetap berada di antara batas maksimum dan minimumnya. Lakukanlah penambahan apabila oli berada di bawah batas minimum. Selain cek batas ketingggian, kondisi oli juga dapat dilihat dari warnanya. Apabila warna oli berubah dari warna aslinya bahkan sampai menghitam, segera lakukan penggantian oli.

Air Radiator   

Cairan yang harus diperiksa selanjutnya adalah air radiator. Lakukan pengecekan volumenya ke dalam tangki cadangan. Apabila air radiator tersebut berkurang, maka akan menjadi penyebab mesin mobil overheat atau mudah mengalami panas yang berlebihan. Sehingga pastikan cairan khusus radiator masih berada dalam batas yang maksimal.

Air ACCU

Lakukan pengecekan secara rutin terhadap air ACCU setiap dua minggu sekali guna lebih memanjangkan usia masa pakai baterai dan aki mobil. Pastikan ketinggian cairan aki dalam batas yang normal, namun hal ini tidak berlaku untuk mobil kendaraan yang memakai AKI MF (maintenance free atau aki kering)

Minyak Rem

Usahakan untuk mengecek ketinggian minyak rem dalam keadaan batas maksimum. Namun, jika telah berkurang hingga batas minimum dan lampu indikator rem parkir tersebut menyala, maka segeralah ke bengkel guna melakukan pengisian ulang atau perbaikan. Perlu diperhatikan, apabila ketinggian rem tersebut jauh di bawah batas minimum maka kemungkinan mengalami kebocoran sistem remnya. Kerusakan inilah yang bisa mengakibatkan rem blong.

Air Wiper

Usahakan  untuk selalu menggunakan air ketika menghidupkan wiper. Hal tersebut dilakukan karena apabila menggunakan wiper ketika kaca kering akan menimbulkan permukaan kaca menjadi rusak.

Minyak Power Steering

Pastikan volume minyak power steering selalu dalam keadaan batas normal, karena kurangnya minyak akan menimbulkan kerusakan pada power steering. Biasakan untuk tetap meluruskan roda ke depan sebelum mematikan mesin mobil agar kinerja power steering terjaga dengan baik.

Oli Gardan

Pastikan selalu kondisi kualitas oli gardan agar tetap terjaga dengan baik. Apabila oli tersebut bocor bahkan habis, maka akan menimbulkan kerusakan yang serius pada komponennya. Penggantian oli gardan dapat dilakukan tiap kecepatan 10.000 km sekali. Fungsi cairan ini yaitu guna melumasi gear atau gigi gardan yang bekerja secara bergesekan terus-menerus.

Oli Transmisi Matik

Jangan pernah membiarkan transmisi matik mengalami kekurangan oli. Hal ini bisa berakibat penyaluran tenaga dan kecepatan putaran mesin menjadi terganggu. Lakukan pengecekan oli secara rutin setiap dua minggu sekali atau pada kecepatan 10.000 km guna memastikan kondisinya dalam keadaan baik. Oleh: Dwi Septi

  • Featured Article
  • Radiator Mobil
  • air radiator
  • coolant
  • cairan mobil
  • oli rem

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PALEMBANG

2015
Manual

105 juta

JAKARTA BARAT

2015
Otomatis

245 juta

MEDAN

2018
Manual

127 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More