Ketahui Penyebab Spion Elektrik yang Rusak

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 5 February 2022

Ketahui Penyebab Spion Elektrik yang Rusak

momobil.id – Produsen otomotif berlomba-lomba mengembangkan teknologi canggih yang disematkan pada mobil. Salah satu teknologi canggih yang disematkan pada mobil adalah spion elektrik. Fungsi spion elektrik ini memudahkan pengemudi untuk menambah visibilitas berkendara yang lebih fleksibel. Namun, spion elektrik bisa saja mengalami kerusakan karena berbagai kondisi. Berikut ini adalah penyebab spion elektrik pada mobil yang rusak.

Spion Elektrik Terkena Benturan Keras

Pemakaian atau kecelakaan dengan membentur objek tertentu bisa jadi penyebab dari spion elektrik yang rusak. Ketika terjadi benturan yang keras, mekanisme gir yang digunakan untuk melipat spion bisa patah. Hal ini dapat mengakibatkan permasalahan sensor pada spion elektrik. Apabila demikian, maka dinamo elektrik pada spion perlu diganti.

Air Masuk pada Sela-sela Spion Elektrik

Salah satu penyebab dari kerusakan spion elektrik adalah air yang masuk melalui sela-sela kecil. Air tersebut bisa berasal dari air hujan, atau air sisa-sisa mencuci mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu melipat spion terlebih dahulu sebelum mencuci mobil. Selain itu, pemilik mobil harus segera mengeringkan komponen spion setelah mobil terkena air.

Baca Juga: Pentingnya Mengatur Spion Mobil Sebelum Berkendara

Sekring Pintu Rusak Bisa Jadi Penyebab Kerusakan Spion

Ketika spion elektrik tidak dapat bergerak, maka bisa jadi disebabkan karena sekring pada pintu mobil rusak. Hal ini dapat terjadi karena aliran sekring pada pintu mobil berlebih. Fungsi dari sekring sendiri untuk menjadi pengaman apabila arus listrik yang dihantarkan terlalu besar. Biasanya ketika arus listrik berlebih, maka sekring akan otomatis memutuskan aliran listrik.

Motor Dinamo Spion dan Gerigi Gir Bermasalah

Motor dinamo berfungsi untuk membuka dan menutup spion ketika diperintahkan. Biasanya komponen ini akan rusak atau bermasalah ketika terkena air. Apabila komponen motor dinamo rusak, maka pemilik mobil perlu mengganti komponen tersebut. Selain motor dinamo, gerigi gir yang aus atau patah juga bisa menjadi penyebab spion elektrik bermasalah. Apabila gerigi gir rusak, segera ganti dengan yang baru. Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk tidak melipat spion elektrik secara manual, karena dapat merusak komponen gir pada spion.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas