Penyebab Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar: Kurang Oli Hingga Kerusakan Bearing

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 February 2024

Penyebab Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar: Kurang Oli Hingga Kerusakan Bearing

momobil.id – Munculnya suara yang kasar dari mesin mobil membuat pemakaian kendaraan menjadi tidak nyaman. Penyebab munculnya suara ini pun bisa beragam. Apa saja itu?

Salah satu tanda bahwa mesin mobil terawat dengan baik adalah ketika suara tarikannya terbilang halus. Karena itu, jika suara mesin sudah terdengar kasar, pemilik mobil sebaiknya perlu mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab munculnya suara kasar dari bagian mesin mobil? Berikut ulasan selengkapnya.

Kurang oli

Jika oli mesin sudah berkurang atau menurun kualitasnya, maka hal tersebut dapat berdampak pada performa oli yang menjadi kurang maksimal. Padahal, oli memainkan peran sangat penting di sini dalam mencegah terjadinya gesekan berlebihan pada berbagai komponen mesin.

Karena itu, ketika olinya kurang, maka dampak gesekannya pun akan menjadi semakin besar. Hal tersebut yang kemudian membuat mesin mobil menjadi bersuara kasar atau berisik.

Kurangnya oli atau menurunnya kualitas oli ini tentunya disebabkan karena oli yang jarang diganti, sehingga menjadi kotor dan sudah tidak layak lagi untuk tetap dipakai.

Solusi untuk masalah ini yaitu segera lakukan penggantian oli mesin, jangan paksakan oli yang sudah tidak layak pakai tetap bekerja dengan hasil yang kurang maksimal.

Kompresor AC mobil bermasalah

Ada penyebab yang terbilang sangat umum dari kasarnya suara mesin mobil, yaitu karena adanya kerusakan atau permasalahan di bagian komponen prosesor AC mobil.

Masalah ini disebabkan karena berbagai hal, misalnya bagian kompresor yang mulai aus, kurangnya pelumas yang mendukung kinerja kompresor AC, atau karena adanya kotoran di bagian dalam kompresor yang bisa membuat kompresor tersumbat.

Untuk penyebab kedua ini, solusinya adalah dengan cara flushing dan melakukan pembongkaran terhadap komponen AC mobil. Dengan pembongkaran tersebut, maka kondisi detail di bagian dalam kompresor akan dengan mudah diketahui.

Tali kipas rusak

Di dalam mesin mobil, terdapat salah satu komponen yang disebut dengan tali kipas, fungsinya adalah menghubungkan antara kompresor AC serta alternator, dengan bagian kipas radiator.

Jika tali ini mengalami masalah, maka tanda yang sangat mudah terasa yaitu dengan adanya suara bising atau kasar dari mesin mobil.

Hal yang bisa menjadi penyebab masalah ini yaitu karena kondisi permukaannya sudah mulai kering dan retak. Selain itu bisa juga karena kondisi tali yang memang sudah kendur dan tidak layak lagi untuk digunakan.

Ada cara sementara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan memberikan pelumas secukupnya di bagian tersebut.

Namun, perlu diperhatikan dengan baik bahwa ini hanyalah solusi yang bersifat sementara, dapat dilakukan jika dalam kondisi terpaksa. Solusi lain yang bisa lebih berguna untuk perbaikan yaitu dengan melakukan pengecekan lebih lanjut untuk bagian tali kipas tersebut.

Katup mesin longgar

Suara mesin mobil kasar juga bisa disebabkan karena bagian katup mesinnya sudah tidak terlalu rapat atau bisa dibilang sudah mulai longgar. Pada kondisi normal, katup mesin biasanya memiliki ukuran sebesar 0,2 sampai 0,3 milimeter.

Namun seiring usia pemakaian kendaraan, maka katup ini dengan sendirinya bisa menjadi semakin longgar.

Hal tersebut dapat menyebabkan adanya gesekan yang terjadi di antara bagian rocker arm dan batang katup. Inilah kondisi yang kemudian menyebabkan munculnya bunyi bising yang keluar dari mesin mobil ketika kendaraan dinyalakan.

Solusi untuk masalah ini yaitu dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk bagian katup mesin.

Baca juga: Kenapa Posisi Setir Mobil Harus Lurus saat Parkir? Soalnya Kalo Nggak, Nantiā€¦

Kerusakan bearing

Penyebab selanjutnya bisa berasal dari bearing. Ketika komponen tersebut mengalami kerusakan, maka dapat menimbulkan suara mesin mobil menjadi berisik.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pemeriksaan bearing. Namun, komponen ini memiliki komposisi yang terbilang cukup rumit, serta jenisnya beragam sehingga sulit ditangani oleh orang awam.

Karena itu, lakukan pemeriksaan ke bengkel supaya bisa mengetahui kerusakan secara lebih detail dan segera melakukan perbaikan.

mobil terkait

Rp 198.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 236.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG


Kembali ke atas