Peran dan Tugas Navigator Selama Menempuh Perjalanan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 14 September 2020

Peran dan Tugas Navigator Selama Menempuh Perjalanan

momobil.id – Ketika akan mengemudi menempuh perjalanan jarak jauh, ada berbagai macam hal yang perlu dipersiapkan. Misalnya, mempersiapkan mobil dalam kondisi prima seperti memeriksa kondisi ban, mesin, dan komponen penting lainnya yang menunjang kenyamanan selama berkendara. Meski begitu, ada hal penting lainnya yang juga perlu diperhatikan selain mempersiapkan kondisi mobil.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ketika mengemudi jarak jauh adalah peran seorang navigator.Ya, navigator memiliki peran yang cukup penting. Seperti dilansir Kompas.com, penumpang yang berada di samping pengemudi ternyata cukup penting untuk menjaga perjalanan agar semakin aman dan tidak membosankan.

Navigator tidak hanya menemani sopir saat mengemudikan mobil saja. Tetapi juga mempunyai peran yang lebih dari itu yakni menjaga perjalanan agar tetap aman. Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI), Sony Susmana, mengatakan tugas navigator salah satunya memberikan informasi kepada pengemudi jika ada potensi bahaya. Dengan begitu, sopir bisa lebih berhati-hati saat mengemudi.

“Yang menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan itu pengemudi, navigator hanya membantu. Sedangkan keputusannya tetap berada di tangan pengemudinya,” ujar Sony kepada Kompas.com. Untuk navigator, Sony mengatakan, tidak selalu yang juga bisa mengemudikan kendaraan roda empat. Meski begitu, akan lebih baik jika pemberi navigasi ini juga bisa mengemudi karena akan lebih baik.

“Paham mengemudi akan lebih baik, tetapi juga tidak harus (bisa mengemudi), yang penting persepsinya sama (dengan pengemudi),” tuturnya.

Baca juga: Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Menggunakan Engine Degreaser

Untuk itu, saat memilih seorang navigator sebagai teman selama menempuh perjalanan jauh sebaiknya yang cocok dengan pengemudi. Hal ini salah satunya agar lebih bagus untuk bekerja sama selama perjalanan berlangsung dan bisa menjaga suasana di dalam kabin.

Sony menambahkan, seorang navigator ini sebenarnya tidak hanya diperlukan saat melakukan perjalanan jarak jauh. Tetapi, saat mengemudi dalam jarak yang tidak terlalu jauh pun juga diperlukan. “Sebenarnya semua perjalanan penting peran navigator, tapi saat perjalanan jauh lebih terasa manfaatnya,” katanya.


Kembali ke atas