Perbandingan Harga Seken Confero, Avanza, dan Xpander, Mana yang Lebih Tinggi?

Ditulis oleh : admin | 10 June 2019

Perbandingan Harga Seken Confero, Avanza, dan Xpander, Mana yang Lebih Tinggi?

momobil.id – Produk asal China memiliki sejarah yang kurang baik di Indonesia. Meski harganya murah, kualitas produknya dinilai jauh di bawah rata-rata produk Jepang maupun produk dari negara lainnya. Hal ini yang barangkali membuat Wuling sempat dipandang sebelah mata saat baru pertama kali masuk ke Indonesia dengan status sebagai mobil ‘China’. Namun usai memperkenalkan kehadiran Wuling Confero, mobil-mobil keluaran Wuling mulai mengambil hati konsumen di Indonesia.

Wuling Confero 1.5 standar memiliki harga yang hampir setara mobil LCGC. Meski begitu, mobil di kelas low MPV ini udah dibekali beragam fitur bawaan seperti ISOFIX, auto door lock by speed, safety child lock, pengingat penggunaan sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang depan, 12V power outlet, USB power di baris ketiga, power window, intermittent wiper, electric fuel tank opener, sabuk pengaman di setiap baris kursi, jok kain 8-seater, headrest di setiap baris yang bisa disesuaikan, one touch tumble bangku baris kedua, interior satu warna, jam analog, audio double din dengan USB, serta tailgate touch pad.

Meski sudah menghadirkan banyak fitur dan kualitas berkelas, beberapa pihak masih meragukan harga jual kembali produk Wuling. Mobil Wuling dikhawatirkan memiliki harga jual kembali yang terjun bebas dibanding harga barunya. Lalu, apakah hal itu benar?

Baca Juga: Layanan TARRA Toyota kini hadir di WhatsApp

Berdasarkan informasi dari pedagang mobil bekas di area Jakarta dan sekitarnya yang dirangkum oleh GridOto, Wuling Confero S 1.5 L yang diluncurkan pada 2017 lalu kini berbanderol di kisaran Rp150 juta di pasar mobil bekas per Mei 2019. Artinya, depresiasi harganya hanya turun Rp12,9 juta dari harga barunya sebesar Rp162,9 on the road DKI Jakarta pada 2017 lalu.

Bagaimana dengan Toyota Avanza yang menguasai segmen pasar low MPV? Depresiasi harganya ternyata tak lebih baik dari Confero S. Sebagai contoh, Avanza Veloz 1.5 A/T kondisi seken kini harganya di kisaran Rp170 juta. Angka tersebut turun sekitar Rp66 juta jika dibandingkan harga barunya pada 2017 lalu sebesar Rp236 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

Jika dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander yang sempat menggebrak segmen low MPV, harga seken Wuling Confero S ternyata juga masih lebih unggul. Per Mei 2019, harga Xpander Ultimate A/T tahun 2017 di kisaran Rp220 juta. Artinya, terjadi depresiasi harga sekitar Rp24,35 juta dari harga barunya yakni Rp244,35 juta on the road DKI Jakarta ketika pertama kali diluncurkan.

Penulis: Danang Setiaji

Sumber gambar: IST


Kembali ke atas