Perbandingan Harga Toyota Avanza Baru dan Unit Seken Tahun 2020

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 16 February 2021

Perbandingan Harga Toyota Avanza Baru dan Unit Seken Tahun 2020

momobil.id – Jika memiliki bujet sekitar Rp200 jutaan dan ingin membeli mobil di kelas Low MPV, Toyota Avanza bisa menjadi salah satu pilihannya. Bagi konsumen yang ingin mendapatkan Avanza dengan harga seken namun tahun muda, mungkin bisa mempertimbangkan unit bekas alias seken Toyota Avanza rakitan 2020.

Perbandingan harga antara unit 2020 dengan unit 2021 cukup bervariasi, tergantung dari varian Avanza yang diminati. Misalnya seperti Toyota Avanza varian 1.3 G M/T, harga bekas Avanza model tersebut untuk rakitan tahun 2020 yakni sekitar Rp183 juta hingga Rp193 juta di pasar mobil bekas.

Sedangkan harga unit baru Avanza 1.3 G M/T yakni Rp220.550.000 OTR DKI Jakarta. Artinya, ada selisih harga sekitar Rp27 juta hingga Rp37 juta antara unit baru Avanza tahun 2021 dengan unit bekas tahun 2020. Perbedaan harga juga terlihat pada varian Veloz. Daftar lengkapnya mengenai harga unit seken Toyota Avanza bisa dilihat melalui tautan berikut.

Adapun terkait spesifikasinya, secara garis besar Toyota memberikan dua varian pada Avanza yakni E dan G. Untuk pilihan mesin juga terdapat dua pilihan yakni 1.3 L dan 1.5 L. Khusus Avanza 1.5 L, hanya terdapat pada tipe G dan hanya tersedia transmisi manual. Sedangkan Veloz hadir dalam satu varian namun mendapat dua pilihan mesin yakni 1.3 L dan 1.5 L. Keduanya mendapatkan pilihan transmisi manual dan A/T.

Lalu, apa lagi perbedaannya? Kompas.com sempat membandingkan model Veloz 1.5 L dengan Avanza tipe tertinggi yakni 1.5 L varian G. Dari tampang depan, seluruh varian mendapatkan lampu LED terbaru. Eksterior Veloz hadir lebih mewah dengan penggunaan radiator grille yang dibalut dark chrome garnish. Untuk varian Avanza hanya diberikan sentuhan krom saja.

Dari sisi eksterior, pada bagian samping Veloz mendapatkan sentuhan side body molding dengan side skirt desain baru yang diberi sentuhan krom. Selain itu pada bagian plat nomor kendaraan di belakang mendapatkan ornamen baru berwarna gelap. Untuk Avanza, tidak ada pembaruan di sisi samping kendaraan.

Baca juga: Daftar Harga SUV Murah di Pasar Mobil Bekas, Simak Pilihan Modelnya

Pada sisi belakang, selain desain stoplamp baru, pintu belakang mendapat aksesori garnish krom dengan tambahan penggunaan shark fin antenna di bagian belakang. Masuk ke bagian interior, perbedaan mencolok hadir pada warna yang digunakan. Untuk Veloz, warna hitam gelap mendominasi termasuk pada pintu dipadukan dengan warna baru jok kendaraan. Avanza hadir lebih terang dengan penggunaan duo tone paduan hitam dan abu-abu.

Perbedaan lain adalah hadirnya rear seat entertainment berupa layar video di bagian atas kabin untuk Veloz. Fitur kamera belakang untuk membantu parkir kendaraan juga hanya hadir di Veloz saja. Memegang peran sebagai model teratas, Veloz dibekali beberapa fitur keamanan yang tidak ada di Avanza. Misalnya smart entry untuk mengakses ke dalam kabin kendaraan, tombol start stop untuk menyalakan mesin kendaraan hanya hadir di Veloz.

Selain itu ada fitur follow me home light dimana lampu utama kendaraan akan tetap menyala beberapa waktu saat penumpang berjalan masuk ke dalam rumah. Ini untuk membantu penumpang memasuki rumah di saat malam hari. Meski memiliki perbedaan, Veloz dan Avanza juga berbagi hal yang sama. Misal kehadiran head unit layar sentuh, speaker sebanyak enam titik, tombol pengatur audio di lingkar kemudi, digital A/C control, power slot di baris pertama dan kedua serta USB port di baris ketiga.

Selain itu terdapat fitur keamanan berupa dual SRS Airbag di semua tipe, sabuk dengan pretensioner, ABS, ISOFIX, sabuk pengaman tiga titik di baris kedua, serta peringatan penggunaan sabuk pengaman bagi penumpang. Selain itu Toyota juga mengklaim meningkatkan kesenyapan kabin dan kenyamanan melalui suspensi terbaru.


Kembali ke atas