Perbandingan Keawetan Angin Ban Jika Diisi Nitrogen dan Oksigen

Ditulis oleh : Helen Birgitta

08 Aug 2019

momobil.id - Ban mobil yang berisikan nitrogen disebut tak cepat habis anginnya sehingga pengemudi tidak perlu terlalu sering datang ke tempat tambal ban untuk menambah tekanan angin. Tekanan angin ban yang diisi nitrogen diklaim bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan angin biasa (oksigen), lantaran nitrogen memiliki beberapa keunggulan karena ukuran partikelnya yang lebih besar.

"Angin nitrogen mengandung partikel yang lebih besar, karena partikel-partikel ini memiliki keuntungan menyerap panas lebih mudah," kata kepala instruktur Indonesian Safety Safety Officer (IRSA) Indonesia, Poedyo Santosa.

"Lalu, karena memiliki partikel besar, jika terjadi kebocoran di ban, ia lebih lambat dari angin biasa. Nitrogen tidak teroksidasi dengan udara, yang berarti tidak timbul karat. Jika kita membuka pelek suka timbul karat, itu tidak akan terjadi, " lanjut Poedyo.

Baca Juga: Teknik macet-macetan di tanjakan ketika menggunakan mobil manual

Mengisi ban dengan nitrogen juga akan memperpanjang umur ban karena tekanannya sesuai, sehingga setelah habis akan merata. Daya cengkram dan kinerja ban juga dapat dioptimalkan dengan grip yang baik. Selain itu, daya cengkram ban yang stabil akan membantu kendaraan dalam menghemat BBM karena kinerja mesin menjadi lebih mudah.

Seperti dilansir detikOto ban mobil yang diisi nitrogen mampu bertahan tanpa menambah angin hingga dua bulan. Sementara ban yang diisi dengan udara biasa, dalam dua hingga tiga minggu sudah harus menambah angin. Ban yang diisi angin biasa, bisa turun hingga 20 psi dari semula 33 psi dalam waktu kurang dari dua minggu.

Sumber gambar: AUTOLOUNGE

  • Editor's Choice
  • ban mobil
  • tekanan ban
  • ban nitrogen
  • ban rata
  • angin ban

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

MEDAN

2016
Otomatis

458 juta

MEDAN

2016
Otomatis

458 juta

MEDAN

2017
Otomatis

481 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More