Perbandingan Lima Mobil di Kelas LSUV, Mulai dari Rush-Terios hingga Xpander Cross

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 26 September 2021

Perbandingan Lima Mobil di Kelas LSUV, Mulai dari Rush-Terios hingga Xpander Cross

momobil.id – Honda kembali meramaikan persaingan di kelas Low SUV (LSUV) setelah meluncurkan All New BR-V 2021. Generasi terbaru Honda BR-V ini akan bersaing dengan model LSUV dari pabrikan lainnya seperti Toyota dan Daihatsu lewat produk kembarnya Rush-Terios, Suzuki XL7, dan Mitsubishi Xpander Cross. Bingung pilih yang mana? Simak perbandingan Toyota Rush hingga Mitsubishi Xpander Cross di artikel ini.

Model LSUV belakang memang tengah naik daun di Indonesia. Model yang ditawarkan dari tiap pabrikan pun cukup menggoda, apalagi jika harganya masih dibanderol dengan relaksasi PPnBM. Jika kebetulan ingin membeli LSUV namun masih bingung pilih yang mana, berikut perbandingan lima model LSUV dari lima pabrikan mulai dari Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, dan Suzuki XL7 dari berbagai aspek.

Ground Clearance

Sebagai sebuah mobil SUV, tentu saja mobil ini harus mumpuni melewati berbagai medan jalan. Kelima mobil di atas punya ketinggian ground clearance yang berbeda-beda.

Seperti dilansir detikcom, untuk BR-V, Rush, dan Terios sama-sama memiliki ketinggian 220 mm. Sedangkan XL7 memiliki ground clearance 200 mm. Keempatnya masih kalah tinggi dari Mitsubishi Cross yang memiliki jarak 225 mm.

Kendati demikian mobil-mobil LSUV di atas memiliki ground clearance yang mirip dengan mobil SUV ladder frame seperti Pajero Sport (218 mm), dan Toyota Fortuner (225 mm).

Mesin dan roda penggerak

Untuk kapasitas mesin, kelima mobil di atas sama-sama menggunakan jantung pacu berkubikasi 1.500 cc tanpa turbo. Tapi memiliki performa yang berbeda di atas kertas.

Toyota Rush
Toyota Rush

Toyota Rush dan Terios menggunakan mesin dengan kode 2NR-VE menghembuskan tenaga 104 PS dan 136 Nm. Tenaga tersebut dikawinkan melalui transmisi manual dan otomatis. Kedua mobil ini menggunakan penggerak roda belakang.

Sedangkan Xpander Cross menggunakan mesin kode 4A91. Di atas kertas, Xpander Cross bisa mengeluarkan tenaga 105 PS dan torsi maksimal 141 Nm. Pilihan transmisinya ada otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. Sistem penggeraknya menggunakan roda depan.

Baca juga: Naiknya Lumayan! Ini Perbandingan Harga Mobil LCGC Dulu dan Sekarang

Honda BR-V terbaru menggunakan basis mesin yang sama dengan Honda City Hatchback berkode kode L15ZF. Mobil ini sanggup memuntahkan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Tenaga tersebut dilahirkan dari transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan yang disalurkan melalui penggerak roda depan.

Sementara XL7 menggunakan mesin K15B dengan kubikasi 1.462cc yang mampu menyemburkan tenaga 102 hp di 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm di 4.400 rpm. Tenaga tersebut didukung transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan dengan roda penggerak depan.

Fitur

Pada dasarnya, empat dari lima LSUV tersebut sudah memiliki fitur hiburan head unit dengan layar 7-inch touch screen audio yang dilengkapi dengan smartphone connectivity. Hanya Suzuki XL7 yang memiliki layar head unit lebih besar yakni 8 inci.

Daihatsu Terios
Daihatsu Terios

Untuk fitur keselamatan, varian tertinggi Rush dan Terios sudah dibekali dual SRS Airbag, Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Sementara Xpander Cross punya fitur keamanan ABS + EBD, Brake Assist, dual SRS airbags, Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist, Parking Sensor + Rear View Camera, Keyless Operation System, dan Immobilizer with Security Alarm. Khusus untuk varian A/T mendapat tambahan fitur cruise control.

Sedangkan Suzuki XL7 telah dilengkapi rem ABS, EBD, dual SRS airbags, jok ISOFIX, kunci immobilizer, sensor parkir, dan alarm pada semua variannya. Khusus transmisi otomatis, ditambahkan kamera belakang. Pada varian Alpha dan Beta, turut ditambahkan fitur Hill Hold Control dan Electronic Stability Program (ESP).

All New Honda BR-V 2021
All New Honda BR-V 2021

Pun tak jauh berbeda dengan Honda BR-V, sudah dilengkapi dilengkapi dual airbags di depan, ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake Force Distribution), termasuk Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Vehicle Stability Assist (VSA), dan Hill Start Assist (HSA).

Hanya saja, BR-V bisa dikatakan sedikit lebih unggul, karena varian tertingginya sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan aktif Honda Sensing. Selain itu, BR-V juga memiliki fitur canggih seperti Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, Honda LaneWatch, dan Smart Entry System.

Harga

Suzuki XL7
Suzuki XL7

Jika dibandingkan, kelima mobil ini memiliki perbedaan di harga dan varian. Rush, Terios, XL7, dan Xpander Cross diketahui saat ini sedang memanfaatkan program diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Toyota Rush saat ini tersedia dalam 4 varian. Sementara harganya per September 2021 dibanderol Rp245,5 juta hingga Rp266 jutaan. Sementara Daihatsu Terios tersedia dalam 9 varian. Mobil kembar ini dibanderol Rp205,1 juta-Rp255,6 juta.

Mitsubishi Xpander Cross ditawarkan dalam tiga pilihan, yakni tipe A/T, M/T, dan A/T dengan tambahan paket leather seat premium package. Harganya dijual mulai dari Rp276,5 – Rp299,5 juta.

Sementara Suzuki XL7 tersedia dalam enam varian dan per September 2021 dibanderol mulai dari Rp226.550.000 hingga Rp261.700.000.

Sedangkan Honda BR-V belum mengumumkan harga resmi. PT HPM menyebut banderolan BR-V dijual mulai Rp 260 juta jika tanpa diskon PPnBM.

mobil terkait

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 195.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK

Rp 260.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas