Perbedaan Ban All Terrain dan Mud Terrain untuk Kebutuhan Off-Road

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 9 October 2020

Perbedaan Ban All Terrain dan Mud Terrain untuk Kebutuhan Off-Road

momobil.id – Bagi pemilik SUV atau Jip yang hobi melintas di medan off-road, barangkali akan terasa membosankan jika hanya menggunakan ban standar. Salah satu modifikasi pada mobil agar bisa bermain off-road yakni mengganti ban standar dengan ban All Terrain (AT) atau Mud Terrain (MT).

Namun, sebelum mengganti ban standar pabrikan tersebut dengan ban off-road seperti All Terrain atau Mud Terrain, sebaiknya ketahui dahulu perbedaan dari kedua jenis ban tersebut. Kedua jenis ban tersebut memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda-beda.

Seperti dilansir kumparan, ban AT biasanya memiliki kontur tapak ban yang kasar namun tidak sekasar ban MT. Ban jenis AT memang memiliki kelebihan, karena masih ditolerir untuk digunakan pada jalanan aspal, meskipun sedikit tak nyaman karena berisik dan keras.

Namun, ban jenis AT memiliki kelemahan dalam hal kemampuan melintasi lintasan off-road. Untuk ban jenis AT, biasanya hanya mampu melintas dengan baik di lintasan off-road yang ringan.

Baca juga: Tips dan Cara Merawat Cat Mobil Berwarna Hitam

Sedangkan ban MT, tidak direkomendasikan untuk penggunaan di jalanan aspal. Karena, ban jenis MT memiliki kontur tapak ban yang sangat kasar, sehingga kemampuan traksi atau grip menjadi buruk.

Ban jenis MT umumnya memiliki kelebihan, seperti sangat baik dalam melahap lintasan off-road yang sangat berat. Tak jarang, ban jenis MT ini juga cukup banyak digunakan untuk balap off-road.

Sumber gambar: Motor1.com


Kembali ke atas