Perbedaan Ban Bias dan Radial Berdasarkan Kegunaannya

Ditulis oleh : redaksi | 12 July 2020

Perbedaan Ban Bias dan Radial Berdasarkan Kegunaannya

momobil.id – Pada umumnya di pasaran terdapat dua jenis ban yang beredar yakni ban bias dan ban radial. Perbedaan ban bias dan radial terletak pada struktur benang, ketebalan, sampai daya cengkram. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari kedua jenis ban tersebut, sebaiknya mengetahui lebih dulu perbedaan antara ban bias dan radial di bawah ini.

Struktur benang

Ban pada hakikatnya terbuat dari beberapa lapisan. Ada lapisan belt yang merupakan rangka ban, ada sidewall yang merupakan bagian samping ban, dan ada juga lapisan tread yang merupakan bagian permukaan ban. Struktur benang ini terletak pada lapisan belt sebagai rangka atau komponen pembentuk ban.

Pada ban radial, struktur benang lurus dari sisi kanan ke sisi kiri. Dengan kata lain, serat benang yang melingkar hanya terdiri dari satu arah. Sementara pada ban tipe bias, struktur benang saling menyilang. Sehingga benang-benang tersebut jika diamati akan membentuk sudut sekitar 40 hingga 60 terhadap sumbu roda.

Ketebalan ban

Serat benang pada ban radial terbuat dari serat baja yang lentur. Akibatnya, lapisan pada belt tidak perlu tebal karena serat baja memiliki ketahanan yang baik. Oleh karena itu ban radial memiliki ketebalan yang lebih tipis.

Pada ban bias, ban terbuat dari serat nylon atau polyester. Dimana serat tersebut tak sekuat serat baja sehingga bagian belt roda harus dibuat dengan beberapa lapisan. Hal ini menyebabkan ketebalan ban bias lebih tebal daripada ban radial.

Daya cengkram

Daya cengkram ban dipengaruhi oleh bentuk dari pola permukaan ban. Konstruksi ban juga berpengaruh terhadap daya cengkram ban. Untuk ban radial dengan serat baja lentur memiliki daya cengram lebih baik terhadap. Sementara itu pada ban bias yang memiliki serat ban tebal, daya cengkram ban sedikit di bawah dari ban radial.

Pemakaian

Ban radial dengan bentuk ban tipis, yang memiliki daya cengkram baik dan ringan cocok digunakan untuk sepeda motor dan kendaraan-kendaraan ringan. Sementara itu ban bias dengan serat tebal, sangat cocok dipakai pada kendaraan berbobot seperti mobil-mobil komersial, bus atau truk.

Fleksibilitas

Secara umum, ban radial memiliki fleksibilitas yang lebih baik karena memiliki lapisan tipis. Meski memiliki lapisan ban tipis, ban tidak akan mudah bocor karena di bagian permukaan utama terdapat beberapa layer pelapis ban. Sementara ban bias, seluruh lapisan ban baik permukaan utama dan sidewall memiliki serat berlapis sehingga memiliki fleksibilitas yang rendah.

Baca juga: Perlukah Menambah Aki ketika Modifikasi Audio Mobil?

Adapun ban radial dan ban bias memiliki penggunaan yang berbeda-beda. Ban radial digunakan untuk kendaraan-kendaraan ringan, sementara ban bias digunakan untuk kendaraan-kendaraan berat. Pilihlah jenis ban berdasarkan kebutuhan.(Dwi Septi)



Kembali ke atas