Perbedaan Ban Radial dan Bias yang Perlu Kamu Tahu

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

10 Oct 2019

momobil.id - Pada umumnya, masyarakat awam tidak begitu mengenal perbedaan jenis ban mobil. Berdasarkan konstruksi, ban mobil dibagi menjadi dua jenis, yaitu ban bias dan radial. Perbedaan konstruksi pada ban bias dan ban radial berdampak pada perbedaan performa dan tipe kendaraan yang memakainya.

Ban bias terbuat dari terbuat dari banyak potongan kabel di dalam ban. Kabel ini disusun dengan pola zig zag yang membentuk sudut 40 sampai 65 derajat dari lingkar ban. Bahan utama ban bias adalah serat nylon atau polyester. Serat tersebut tak sekuat serat baja sehingga bagian belt roda dibuat dengan beberapa lapis. Hal ini menyebabkan ketebalan ban bias menjadi lebih tebal. Ban bias memiliki daya cengkram yang lebih rendah dibanding ban radial.

Serat ban bias yang tebal membuat ban bias sering digunakan untuk kendaraan berbobot berat seperti mobil-mobil komersial, bus dan truk. Lapisan yang tebal juga membuat ban bias kurang fleksibel. Meski kurang fleksibel, ban bias memiliki daya tahan yang tinggi sehingga dipilih untuk kendaraan berbobot berat.

Sementara ban radial terbentuk dari lapisan serat baja lentur yang bersinggungan di tepi ban. Struktur serat baja hanya satu melingkar satu arah lurus dari sisi kanan ke sisi kiri. Karena serat baja ini memiliki ketahanan yang baik, maka lapisan ban radial umumnya lebih tipis jika dibandingkan dengan ban bias. Walau memiliki lapisan ban tipis, ban tidak bocor karena di bagian permukaan utama ada beberapa layer pelapis ban. Pada ban radial, bagian sidewall atau samping saja yang terlihat tipis.

Namun, ban radial jauh lebih lentur dan memiliki daya cengkram yang jauh lebih baik dibandingkan ban bias. Ban radial biasa digunakan untuk kendaraan ringan karena lebih lentur dan fleksibel. Karena lebih lentur, ban radial juga lebih handal ketika melalui jalanan yang bergelombang. Harga rata-rata ban radial juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan ban bias.

Sumber gambar: East London Tyre

  • Auto Lifestyle (Display)
  • ban mobil
  • ban bias
  • ban radial
  • perbedaan ban

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PADANG

2011
Manual

130 juta

PADANG

2012
Manual

120 juta

PEKANBARU

2015
Otomatis

145 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More