Pernah Dengar Ban Vulkanisir dan Suntikan? Ini Perbedaannya

Ditulis oleh : redaksi | 21 January 2020

Pernah Dengar Ban Vulkanisir dan Suntikan? Ini Perbedaannya

momobil.id – Mungkin sebagian dari kamu pernah mendengar tentang ban vulkanisir dan ban suntikan. Memang istilah tersebut cukup populer di kalangan penggemar mobil, tapi belum tentu familiar di telinga masyarakat awam.

Ban vulkanisir dan ban suntikan untuk mobil pada dasarnya merupakan teknik yang biasa dilakukan oleh para penjual ban bekas untuk menyajikan ban yang seperti baru, tentunya dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Nah, agar lebih jelas, yuk kita simak perbedaan antara ban vulkanisir dan ban suntikan!

Ban vulkanisir

Merangkum dari Kompas.com, ban vulkanisir adalah ban yang dibuat dengan membuang sisa karet pada ban bekas, lalu menambahkannya lagi. Yang perlu kamu garisbawahi, teknik vulkanisir ini sesungguhnya merupakan teknik sah yang sudah diakui oleh pabrikan ban.

Karena asalnya adalah dari ban bekas, jelas kualitas ban vulkanisir tidak bisa disejajarkan dengan ban baru. Kabarnya, ban jenis ini hanya memiliki kualitas 60 hingga 70 persen dibanding ban normal.

Kalau kualitasnya tidak terlalu bagus, mengapa dijual? Ban vulkanisir memang tidak ditujukan untuk pengguna mobil pribadi. Biasanya ban jenis ini lebih cocok untuk para pelaku usaha, karena harganya yang murah bisa menekan biaya.

Ban suntikan

Berbeda dengan ban vulkanisir, ban suntikan ternyata sangat tidak disarankan untuk digunakan karena risiko bahayanya lebih tinggi. Apalagi jika untuk digunakan sehari-hari.

Ban jenis ini adalah ban bekas yang diukir kembali dengan tangan untuk membentuk kembang alias ulir ban. Jadi jika dilihat sekilas, tampilannya mirip seperti ban baru yang kembangnya masih terlihat tegas.

Baca Juga: Jangan Gunakan Temporary Tire untuk Harian, Ini Alasannya

Bagaimana? Sudah tahu kan bedanya? Intinya, jika kamu ingin menekan biaya, membeli ban vulkanisir jauh lebih disarankan dibanding ban suntikan. Namun tentunya, jika mengharapkan kualitas maksimal, belilah yang baru karena ban memiliki peran yang sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan selama berkendara.(Dwi Yanto)

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas