Perbedaan Hyundai Stargazer X dan Stargazer, Mending Mana?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 August 2023

Perbedaan Hyundai Stargazer X dan Stargazer, Mending Mana?

momobil.id – PT Hyundai Motors Indonesia telah meluncurkan versi Low SUV (L-SUV) dari Hyundai Stargazer. Dinamai Stargazer X, mobil ini memiliki desain yang serupa dengan versi MPVnya. Lantas, apa perbedaan dari Hyundai Stargazer dan Stargazer X?

Desain Eksterior

1. Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer

Tampilan dari Hyundai Stargazer mengusung tipologi Sleek One Box dengan desain One Curve milik Hyundai. Secara keseluruhan, L-MPV Hyundai ini tampak modern dan elegan. Fasia depan dibekali Horizontal DRL yang memanjang. Di bawah lampu LED DRL terdapat grill dengan lampu utama LED pada bagian sampingnya.

Beralih ke bagian belakang, Stargazer dilengkapi dengan lampu belakang dengan konsep Distinctive H Rear Lamp. Sementara untuk velg, Stargazer menggunakan desain velg atraktif berbentuk kipas. Seluruh varian Hyundai Stargazer, baik Active, Essential, Style, dan Prime menggunakan velg alloy 16 inci. Khusus tipe Style dan Prime, menggunakan desain velg 16 inci dengan desain Diamond Cut.

Secara dimensi, mobil ini sedikit lebih bongsor dibanding rivalnya. Stargazer memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1,695 mm, dan wheelbase 2.780 mm.

2. Hyundai Stargazer X

Hyundai Stargazer X
Hyundai Stargazer X

Secara desain, Hyundai Stargazer X serupa dengan Stargazer, namun dengan beberapa perbedaan. Masuk ke dalam segmen L-SUV, Stargazer X terlihat lebih kokoh berkat penggunaan grill yang sedikit direvisi, serta penggunaan bumper guard yang lebih tebal.

Bagian samping dari Stargazer X dilengkapi dengan body cladding pada bagian fender, serta roof rail. L-SUV ini menggunakan velg berukuran 17 inci dengan desain baru yang lebih rigid. Sementara bagian belakang kini disematkan bumper berwarna hitam denga aksen silver.

Ukuran dari Stargazer X tidak jauh berbeda dengan Stargazer. Mobil ini memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.710 mm, dan jarak sumbu roda 2.780 mm.

Interior dan Fitur

Interior Hyundai Stargazer
Interior Hyundai Stargazer

Secara interior, Hyundai Stargazer X dan Stargazer memiliki interior yang serupa. Kedua mobil ini dibekali dengan interior modern dan mewah, serta bernuansa hitam. Khusus Stargazer X terdapat jahitan berwarna merah pada bagian jok.

Desain pada bagian dashboard terlihat modern dan minimalis. Pada dashboard terdapat dua layar. Layar pertama berukuran 4,2 inci TFT Color LCD yang berfungsi sebagai kluster instrumen. Selain itu terdapat layar 8 inci yang berfungsi sebagai sistem hiburan dengan konektvitas smartphone.

Hyundai Stargazer X hadir dengan tambahan sistem audio BOSE Premium Sound System dan empat mode berkendara (Eco, Normal, Sport, dan Smart) yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Dari segi fitur keselamatan, baik Stargazer dan Stargazer X sudah dilengkapi dengan Hyundai Smartsense. Fitur ini terdiri dari Forward Collision-avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Blind-spot Collision-avoidance Assist, dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist.

Kedua mobil ini juga hadir dengan fitur Hyundai Bluelink yang mampu mengetahui kondisi dari kendaraan. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking, Stolen Vehicle Immobilization, ACN (Auto Collision Notification), SOS/Emergency Assistance, Roadside Assistance (RSA), dan lainnya.

Baca Juga: Hyundai Luncurkan Stargazer X di GIIAS 2023, Intip Spesifikasinya

Mesin

Baik Stargazer X maupun Stargazer menggunakan mesin yang sama. Mesin bensin 4 silinder Smartstream G1.5 MPI berkapasitas 1.497 cc mampu menghasilkan tenaga sebesar 115 PS pada 6.300 RPM dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 RPM. Tenaga disalurkan lewat transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission).

Pilihan Warna dan Harga

1. Hyundai Stargazer X

Stargazer X hadir dalam pilihan warna single tone dan dual tone. Warna single tone meliputi Gravity Gold Matte, Dragon Red Pearl, Magnetic Silver Metalic, Optic White Matte, Creamy White Pearl, Midnight Black Pearl, dan Titan Gray Metalic.

Sementara warna dual tone hadir dalam 3 pilihan warna, meliputi Dragon Red Pearl with Black Roof, Magnetic Silver with Black Roof, dan Creamy White Pearl with Black Roof.

Stargazer X hanya hadir dalam dua pilihan varian, yaitu Style dan Prime. Berikut daftar harga Hyundai Stargazer X di Indonesia (on the road DKI Jakarta).

  • Stargazer X Style = Rp325.600.000,-
  • Stargazer X Prime = Rp336.200.000,-

2. Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer hadir dengan lima pilihan warna mono-tone dan tiga pilihan warna dual-tone. Warna mono-tone tersedia dalam pilihan warna Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metalic, Titan Grey Metalic, Midnight Black Pearl, dan Dragon Red Pearl.

Sementara warna dual-tone meliputi Magnetic Silver Metalic + Black Roof, Dragon Red Pearl + Black Roof, dan Creamy White Pearl + Black Roof.

Hyundai Stargazer hadir dalam varian Active, Essential, Style, dan Prime. Berikut daftar harga Hyundai Stargazer di Indonesia (on the road DKI Jakarta).

  • Active M/T = Rp247.200.000,-
  • Active IVT = Rp260.000.000,-
  • Essential M/T = Rp258.800.000,-
  • Essential IVT = Rp272.500.000,-
  • Style IVT = Rp300.800.000,-
  • Prime IVT = Rp316.200.000,-

mobil terkait

Rp 255.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

BOGOR

Rp 265.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 356.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 235.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas