Ini Kaca Sunroof atau Moonroof? Ketahui Perbedaan Kaca Atap Mobil agar Tak Tertukar

Ditulis oleh : Hizkia Oloan Panjaitan

12 November 2019

Ini Kaca Sunroof atau Moonroof? Ketahui Perbedaan Kaca Atap Mobil agar Tak Tertukar

momobil.id – Pernahkah kamu memperhatikan keberadaan kaca pada atap mobil? Ternyata kaca atap mobil ada beberapa jenis, yakni Sunroof, Moonroof, Panoramic Roof, dan Panoramic Sunroof. Tak semua orang mengetahui perbedaan antara sunroof, moonroof, panoramic roof, dan panoramic sunroof.

Beberapa jenis kaca atap tadi sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu agar penumpang dapat menikmati pemandangan di luar mobil. Akan tetapi, jika dilihat dari cara kerja, masing-masing memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Nah, berikut penjelasan lebih dalam mengenai perbedaan kaca atap mobil Sunroof, Moonroof, Panoramic Roof, dan Panoramic Sunroof.

Sunroof

Sumber foto: ICN

Jenis kaca atap yang pertama adalah Sunroof. Kaca atap ini bila dibuka dapat membentuk sudut tertentu atau naik menuju ke atap mobil. Awal mulanya, kaca atap ini digunakan sebagai teknologi ventilasi bus kota agar udara dapat mengalir bebas melalui ventilasi tersebut. Adapula fungsi dari Sunroof itu sendiri adalah:

  • Mobil yang tertutup semalaman pasti mengandung gas-gas yang tidak sehat bagi kesehatan tubuh kita. Ketika mesin mobil belum dinyalakan, Sunroof yang dibuka pada pagi hari dapat mengurangi gas-gas tersebut dari dalam mobil.
  • Membuka Sunroof untuk melihat pemandangan langsung ketika sedang berada di tempat wisata. Melalui sunroof kepala bisa dikeluarkan dan langsung melihat pemandangan tanpa harus khawatir terserempet kendaraan atau benda lain sepanjang perjalanan.
  • Fungsi dari Sunroof selanjutnya adalah menurunkan suhu mobil. Biasanya hal ini dilakukan ketika mobil terpapar sinar matahari dalam waktu tertentu, Sunroof yang dibuka akan mengganti udara panas dari dalam mobil dan dengan signifikan menurunkan suhu panas dari dalam mobil tersebut.

Moonroof

Sumber foto: ColumbusCar

Fungsi nya hampir sama dengan Sunroof. Perbedaan dengan Sunroof hanya pada arah gerak dari kaca tersebut. Jika Sunroof bergerak ke arah luar, Moonroof sendiri justru memasukkan kaca ke dalam atap hungga tidak mengganggu aliran udara.

Akan tetapi kaca atap jenis Moonroof ini rawan macet, dan sulit untuk diperbaiki. Karena itu, diciptakan tombol tertentu agar kaca atap ini bisa digerakkan secara otomatis sehingga tidak membuat rel mudah macet.

Panoramic Roof

Sumber foto: AutoBlog

Apabila kaca dari Sunroof dan Moonroof dapat dibuka, jenis kaca Panoramic Roof ini memiliki perbedaan karena hanya sekedar lapisan kaca yang dibuat permanen. Jenis kaca atap ini hanya mengganti pelat atap dengan menggunakan kaca. Lapisan kaca tersebut hanya berfungsi untuk sarana masuknya cahaya ke dalam kabin mobil selagi meningkatkan gengsi pemilik mobil. Panoramic Roof ini dilengkapi dengan fitur lapisan seperti tirai yang dapat dibuka dan ditutup dari dalam kabin.

Panoramic Sunroof

Sumber foto: Glass

Kaca atap jenis Panoramic Sunroof ini sejatinya sama dengan Panoramic Roof, sama-sama terbuat dari kaca atau pelat yang tembus pandang, bedanya hanya dapat dibuka atau ditutup pada salah satu sisinya sehingga mengangkat ke atas dan menciptakan sudut. Konsekuensinya, aliran udara dapat langsung masuk ke kabin mobil.

Sumber gambar: Friendly

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas