Perbedaan Mobil Listrik Wuling Binguo EV vs Air EV, Pilih Mana?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 27 November 2023

Perbedaan Mobil Listrik Wuling Binguo EV vs Air EV, Pilih Mana?

momobil.id Wuling Motors baru saja merilis mobil listrik keduanya di Indonesia, Wuling Binguo EV. Mobil listrik berbodi hatchback ini hadir menemani Wuling Air EV untuk memperkuat pasar kendaraan elektrifikasi Tanah Air. Menggunakan platform yang serupa, simak perbedaan dari Wuling Binguo EV dan Air EV di bawah ini!

Desain

1. Wuling Binguo EV

Wuling Binguo EV
Wuling Binguo EV

Binguo EV menggabungkan estetika ikonik dan flashy dengan sentuhan modern. Secara keseluruhan, bodi dari Binguo EV terlihat membulat. Bagian depan terdapat lampu utama membulat dengan logo Wuling besar pada bagian tengah. Pada bagian bawahnya terdapat strip berlapis krom. 

Pada bagian samping, Wuling Bingo menggunakan velg kaleng yang dilengkapi dengan dop berukuran 15 inci dibalut ban 185/60 R15. Desain dari dop juga terlihat minimalis. Pada bagian bawah pintu terdapat strip yang melintang berlapis krom. Berlanjut ke bagian belakang, terdapat stop lamp dengan desain membulat. Posisi lampu rem ketiga terletak pada bagian bawah jendela belakang. 

Binguo EV memiliki dimensi yang cukup kompak dengan panjang 3.950 mm, lebar 1.708 mm, tinggi 1.580 mm, dan jarak sumbu roda 2.560 mm.

Untuk pilihan warnanya, Wuling Binguo EV hadir dalam 3 pilihan warna, meliputi Milk Tea, Galaxy Blue, dan Mousse Green.

2. Wuling Air EV

Wuling Air EV

Salah satu perbedaan utama Wuling Binguo EV dan Air EV ada pada desainnya. Wuling Air EV mengusung desain future-tech yang tampil futuristis. Pada bagian depan mobil terdapat lampu DRL LED yang memanjang dengan lampu utama pada bagian bawahnya.

Pada bagian samping, Wuling Air EV hadir dengan desain mengotak. Mobil ini dilengkapi dengan dua pintu, serta velg steel wheel berukuran 12 inci. Sementara bagian belakang dilengkapi dengan lampu stoplamp dengan teknologi LED.

Wuling Air EV merupakan mobil listrik dengan dimensi yang sangat kompak. Mobil ini memiliki panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, tinggi 1.631 mm, dan jarak wheelbase 2.010 mm.

Terdapat lima pilihan warna eksterior yang ditawarkan, yakni Pristine White, Avocado Green, Lemon Yellow, Peach Pink, dan Galaxy Blue.

Interior dan Fitur yang Ditawarkan

1. Wuling Binguo EV

Interior Wuling Binguo EV

Beralih ke bagian interior, pengguna disambut dengan desain interior modern dan minimalis, serta mampu menampung hingga 5 orang penumpang. Kabin dari Binguo EV didominasi oleh warna coklat, putih, dan hitam. Sementara untuk fiturnya, Binguo EV sudah dibekali dengan electric seat adjustments, head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci, multifunction steering wheel, rotary gear selector, dan dual airbags.

Untuk fitur keselamatan, Binguo EV mengusung fitur Stability Control, Electric Parking Brake with Automatic Vehicle Hold, rem ABS dan EBD, ISOFIX, Tire Pressure Monitoring System, dan cruise control.

2. Wuling Air EV

Interior Wuling Air EV
Interior Wuling Air EV

Masuk ke bagian kabin, Wuling Air EV hadir dengan kabin minimalis dan mampu menampung 4 orang penumpang. Mobil ini ditunjang oleh beragam fitur, yakni head unit dan meter cluster yang masing-masing berukuran 10,25 inci dan sudah dilengkapi konektivitas internet, cup holder, dan rotary gear selector.

Soal fitur keselamatan, mobil ini sudah dibekali dengan ABS+EBD, Hill Hold Control, ISOFIX, Tire Pressure Monitoring System, dan Electronic Parking Brake with Automatic Vehicle Holding.

Baca Juga: Wuling Perkenalkan Binguo EV untuk Pasar Indonesia

Sektor Performa

Meskipun sama-sama mobil bertenaga listrik, Wuling Binguo EV menggunakan motor listrik dan baterai yang berbeda dengan Air EV.

1. Wuling Binguo EV

Binguo EV ditenagai oleh motor listrik berdaya 50 kW dengan dua opsi kapasitas baterai. Varian standar disematkan baterai berkapasitas 31,9 kWh dengan jarak tempuh maksimal 333 km. Sementara varian Long Range mengusung baterai berkapasitas 37,9 kWh yang mampu melaju sejauh 410 km. Kedua opsi baterai merupakan baterai Lithium-Ferro Phosphate yang sudah bersertifikasi IP67 Water & Dust Resistant.

2. Wuling Air EV

Wuling Air EV ditenagai oleh motor listrik rear wheel drive (RWD) yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 30 kW. Berbeda dengan Binguo EV, Wuling Air EV hadir dengan dua opsi pilihan baterai yang lebih kecil.

Varian Lite dan Standard Range dibekali baterai berkapasitas 17,3 kWh dengan jarak tempuh maksimal 200 km. Sementara varian Long Range dibekali baterai berkapasitas 26,7 kWh dengan jarak tempuh hingga 300 km. Kedua baterai merupakan baterai Lithium-Ferro Phosphate yang bersertifikasi IP67.

Harga

Wuling Air EV tersedia dalam tiga pilihan varian, diantaranya Lite, Standard Range dan Long Range. Berikut daftar varian dan harga dari Wuling Air EV di Indonesia (on the road DKI Jakarta)

  • Lite = Rp206.000.000,-
  • Standard Range = Rp243.000.000,-
  • Long Range = Rp299.500.000,-

Hingga saat ini, Wuling belum membeberkan harga dari Binguo EV di Indonesia. Namun berdasarkan informasi yang beredar, harga dari Binguo EV berkisar dari Rp300 juta hingga Rp400 jutaan.

mobil terkait

Rp 355.000.000

Individu

BOGOR

Rp 102.000.000

Individu

JEMBER

Rp 98.000.000

Individu

JEMBER

Rp 308.300.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.650.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 267.500.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas