Sama-Sama Land Cruiser, Apa Perbedaan Toyota Land Cruiser dan Prado?

Ditulis oleh : admin | 25 December 2021

Sama-Sama Land Cruiser, Apa Perbedaan Toyota Land Cruiser dan Prado?

momobil.id – Toyota Land Cruiser merupakan salah satu mobil SUV legendaris kepunyaan Toyota. Mobil Big SUV asal Jepang ini tidak hanya memiliki satu varian mobil saja. Pasalnya, Toyota Land Cruiser memiliki varian lain yang dijual pada pasar tertentu, yaitu Toyota Prado. Meskipun Prado sering disebut sebagai Toyota Land Cruiser Prado, namun mobil ini memiliki perbedaan dengan Land Cruiser standar.

Toyota Prado sendiri merupakan salah satu bagian dari Land Cruiser. Land Cruiser memiliki dua model, yakni Station Wagon dengan dimensi yang besaar, serta Land Cruiser II dengan ukuran yang lebih kecil. Land Cruiser II inilah yang dinamai Prado. Bisa dibilang Toyota Prado merupakan Land Cruiser versi ringkas. Meskipun demikian, Toyota Prado diluncurkan lebih belakangan, yaitu pada tahun 1985. Sedangkan Toyota Land Cruiser diluncurkan pada tahun 1951.

Perbedaan Desain Land Cruiser dan Prado

Secara desain, Toyota Prado dan Toyota Land Cruiser bisa dibedakan. Land Cruiser memiliki desain yang lebih besar dan tegas. Toyota Prado memiliki desain yang lebih sporty dan terkesan lebih kecil dibandingkan Land Cruiser. Selain itu, perbedaan daari desain Land Cruiser dan Prado juga terlihat dari grill dan fasia depan.

Baca Juga: Berawal dari Mobil Militer, Ini Sejarah Toyota Land Cruiser

Sejak tahun 2009, Prado dibuat berdasarkan platform Toyota J150. Bagi sebagian pasar lain, Toyota Prado tidak termasuk jajaran Toyota Land Cruiser. Misalnya seperti di Amerika Utara, Prado lebih dikenal dengan Lexus GX, dimana mobil ini termasuk dalam kelas mobil mewah.

Perbedaan Mesin

Di Indonesia, Toyota Prado menggunakan mesin yang diusung Fortuner, yaitu mesin bensin 2TR-FE 4 silinder DOHC berkapasitas 2.694 cc. Sedangkan Toyota Land Cruiser memiliki 2 pilihan mesin, yaitu mesin 6 silinder dan 8 silinder dengan varian mesin diesel dan bensin. Toyota Land Cruiser di Indonesia menggunakan mesin diesel berkode 1VD-FTV V8 32 Valve DOHC dengan kapasitas 4.461cc.

Meskipun terdapat perbedaan pada bagian mesin, baik Land Cruiser dan Prado sama-sama memiliki kemampuan offroad yang mumpuni. Masing-masing SUV ini juga memiliki berbagai fitur pembeda.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas