Perhatikan 4 Hal Penting Saat Ingin Roadtrip dengan Mobil

Ditulis oleh : admin | 6 February 2017

Perhatikan 4 Hal Penting Saat Ingin Roadtrip dengan Mobil

Bosan dan jenuh dengan suasana kota? Atau harus berkunjung keluar kota karena ada acara keluarga? Mungkin ini saatnya Anda untuk melepaskan penat bersama keluarga atua sahabat dengan road trip! Selain bisa melihat indahnya perjalanan, road trip juga bisa meningkatkan keeratan dalam keluarga atau pertemanan.

Baca Juga : Perhatikan 4 Aspek Penting Perawatan Ban Mobil!

Tetapi, jangan sampai perjalanan Anda runyam karena lupa memerhatikan hal-hal mendasar pada mobil Anda! Apa saja aspek penting yang harus diperhatikan pada mobil Anda ketika hendak melakukan road trip? Simak daftarnya:

Ban

Source: suzukipusatbandung.com

Cukup mengejutkan karena ternyata banyak yang melupakan salah satu aspek paling penting kendaraan: Bagian yang selalu menyentuh jalanan. Tidak sedikit orang yang berani pergi roadtrip atau perjalanan jauh dengan kondisi ban mobil yang sudah tidak optimal atau gundul. Kondisi ini bisa berakibat buruk karena:

  1. Ban akan menjadi licin (terutama pada jalan yang berair)
  2. Jalan yang berlubang bisa merobek ban dengan mudah
  3. Ban bisa meledak jika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi

Penting sekali untuk selalu memeriksa kondisi ban mobil, terutama di musim pancaroba dengan cuaca yang tak menentu. Pasalnya, mengerem mendadak dengan kondisi ban gundul di jalanan berair bisa berujung pada kecelakaan. Kalau perlu, persiapkan ban cadangan untuk berjaga-jaga. Jangan lupa untuk mempelajari berbagai macam hal tentang ban agar Anda tahu bagaimana cara merawat ban dan kapan harus menggantinya.

Oli dan Cairan Lainnya

MobiLku.Org

Layaknya manusia, selalu pastikan mobil Anda tidak mengalami dehidrasi dan kehabisan cairan-cairan penting seperti oli. Perjalanan yang jauh pasti melibatkan guncangan serta mesin yang panas, sehingga akan terjadi banyak pergesekan antar komponen mesin. Kurangnya oli akan membuat komponen-komponen ini haus dan tidak terlubrikasi dan melecetkan satu sama lain. Oleh karena itu, oli tidak boleh sampai habis atau mengendap terlalu lama agar mesin berjalan dengan lancar. Jika Anda tidak bisa mengganti dan mengeceknya sendiri, jangan sungkan untuk mampir ke bengkel langganan.

Cairan penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah air radiator. Radiator bisa kepanasan jika hanya di isi oleh air biasa, bukan coolant water khusus. Pastikan untuk membawa cadangan paling tidak 2 botol 1.5 liter coolant water.

Tool Kit

Source: communitycounselingsolutions.org

Seperti yang disebutkan di poin pertama, ada baiknya Anda untuk menyiapkan ban cadangan sebagai antisipasi. Namun, apa gunanya membawa ban cadangan jika tidak membawa alat untuk mengganti ban? Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyimpan tool kit pada saat bepergian jauh.

Tool kit ini meliputi banyak perkakas, seperti kunci L (atau kunci bernomor), dongkrak, kabel jumper, marka segitiga, dan lainnya. Kabel jumper juga tak kalah penting jika suatu waktu aki Anda bermasalah dan harus disetrum ke aki lain Tidak mau kan Anda merasa terdampar dan tanpa pertolongan hanya karena tidak membawa tool kit?

Headlamp & Lampu Sein

Source: viva.co.id

Salah satu aspek dasar yang sering dilupakan orang: memeriksa apakah lampu mobil beserta lampu-lampu tanda lainnya berfungsi baik atau tidak. Tak sedikit kasus tabrakan terjadi karena salah satu pengendara tidak menyalakan lampu sein ketika hendak belok. Anda tentu tidak mau kan road trip Anda runyam akibat tabrakan karena lampu sein mobil Anda tidak menyala?

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi headlamp mobil Anda, apakah lampu yang dipancarkan cukup menerangi atau tidak. Banyak hal yang bisa menyebabkan headlamp tidak terang, diantaranya adalah umur lampu atau headlamp cover yang berjamur / berembun. Jika memang sudah umurnya, segera ganti lampu headlamp dengan yang baru. Untuk headlamp yang berjamur / berembun, Anda bisa membersihkannya secara mudah dengan menggunakan pasta gigi dan kain bersih.

Pastikan Anda selalu memeriksa ke-empat aspek mendasar namun penting di atas sebelum melakukan road trip, baik dekat maupun jauh. Sangat direkomendasikan untuk melakukan pengecekan 2-3 hari sebelum berangkat, agar Anda bisa menyiapkan serta menemukan apa saja yang perlu dipersiapkan.

Namun, apalah arti roadtrip jika tidak menggunakan mobil yang memang dikhususkan untuk roadtrip? Cari saja mobil-mobil yang cocok untuk roadtrip di Momobil.Id! Pilihannya lengkap, proses membelinya pun aman. Cek segara!

mobil terkait

Rp 125.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 335.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 147.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas