Perhatikan Hal Berikut Ketika Membuat Garasi Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 18 April 2020

Perhatikan Hal Berikut Ketika Membuat Garasi Mobil

momobil.id – Memarkirkan mobil di pinggir jalan sangat tak dianjurkan meski di depan rumah sendiri. Selain mengganggu pengguna jalan lain yang melintas, parkir meninggalkan mobil terparkir di pinggir jalan juga rawan menjadi incaran kejahatan. Karena itu, membuat garasi merupakan hal wajib sebelum membeli mobil. Pemilik kendaraan bisa mulai mencari tahu tips membuat garasi mobil agar ukuran garasi sesuai dengan kebutuhan mobil.

Jika berencana membuat garasi, tips pertama membuat garasi mobil adalah memperhatikan dimensi mobil itu sendiri. Jika mobil yang dimiliki termasuk jenis city car atau LCGC, garasi bisa dibuat dengan ukuran panjang 4,8 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,8 meter.

Namun jika mobil yang akan dimasukkan termasuk jenis MPV atau SUV, maka sebaiknya membuat garasi dengan ukuran panjang 6 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 2,8 meter atau 3 meter. Ketika membuat garasi, hindari membuat ruang yang terlalu pas. Misalnya, rata-rata dimensi mobil city car atau LCGC memiliki panjang 3,6 hingga 4 meter dan lebar 1,7 meter. Karena itu, penting menyisakan ruang lebih agar pemilik bisa keluar dari kendaraan dengan leluasa agar mobil tidak terbentur dinding atau perabotan lainnya.

Ukuran garasi ini juga terkait dengan faktor keamanan. Jika garasi yang dibuat tak sesuai dengan ukuran mobil, maka pagar rumah tidak bisa ditutup. Kecuali rumah yang dihuni berada di pemukiman cluster dengan satu gerbang, maka tak masalah jika hidung mobil sedikit melebihi panjang garasi.

Tips berikutnya ketika membuat garasi mobil adalah memilih lantai yang akan digunakan. Sebaiknya pilih lantai keramik yang bahannya cukup kuat untuk menahan beban kendaraan agar tidak mudah retak. Lantai keramik ini sebaiknya juga memiliki tekstur agar tidak mudah licin ketika garasi tersiram air.

Baca juga: Cara Menyetir Stop and Go di Tanjakan agar Tidak Mundur Sendiri

Selanjutnya, perhatikan ventilasi untuk sirkulasi udara di garasi. Jika hanya membuat garasi sederhana dengan atap fiber atau kanopi, maka sirkulasi udaranya sudah tersedia dari samping dan depan karena tak tertutup tembok. Namun jika membuat garasi indoor, sediakan lubang sirkulasi udara. Karena ruang garasi yang tertutup rapat justru akan membuat mobil berjamur karena kondisi lembab.

Sumber gambar: Arsitag



Kembali ke atas