Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Putar Balik

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 November 2020

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Putar Balik

momobil.id – Melakukan putar balik merupakan hal umum yang biasa dilakukan di jalan raya. Hanya saja, pengemudi perlu memahami beberapa aturan ketika memutar balik. Ada beberapa tips putar balik yang bisa dicoba pengemudi mobil agar tetap aman.

Salah satu hal penting terkait tips putar balik yang perlu diingat oleh pengemudi mobil adalah jangan menyepelekan manuver ini. Pengemudi perlu memperhatikan rambu yang memperbolehkan pengguna jalan melakukan putar balik, serta memahami aturan dan etika yang benar ketika melakukannya.

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, putar balik merupakan manuver yang berbahaya, oleh karena itu perlu dilakukan dengan etika yang benar.

“Ketika lalu lintasnya lengang, nyalakan lampu sein 50 meter sebelum tempat putar balik dan mulai berpindah lajur ke sebelah kanan. Kalau ramai, ancang-ancangnya jadi 100 meter, supaya tidak memaksakan diri,” ujar Sony kepada Kompas.com.

Sony melanjutkan, ketika sudah ada di persimpangan dan ingin putar balik, tunggu ada kesempatan untuk masuk dan jangan memaksakan diri. Setelah ada ruang, segera bergerak ke sebelah kanan lajur, jangan langsung potong ke kiri. “Ketika putar balik jangan langsung potong ke kiri, nyalakan sein kiri, perlahan-lahan pindah lajur ke kiri,” kata Sony.

Baca juga: Mobil Mesin Bensin Bakal Sulit Hidup Jika Minum Solar, Ini Sebabnya

Hal yang harus diperhatikan saat melakukan putar balik yaitu, anggap sedang mengambil lajur orang lain, sehingga harus dilakukan dengan santun dan beretika. Saat berhenti menunggu lalu lintas kosong, kendaraan ada di antara arus yang berbeda dan di sebelah kanan sehingga rawan bahaya. “Terakhir yaitu hindari gugup atau ragu-ragu yang membuat lalu lintas tertahan,” kata dia.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas