Sebelum Beli Mobil Bekas Taksi, Cek Dulu Bagian-bagian Ini

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 April 2020

Sebelum Beli Mobil Bekas Taksi, Cek Dulu Bagian-bagian Ini

momobil.id – Hal utama yang membuat banyak orang tertarik membeli mobil bekas taksi adalah harganya yang sangat murah. Namun calon pembeli sebaiknya harus jeli dan mengetahui tips cek mobil bekas taksi lantaran mobil yang akan dibeli merupakan kendaraan ‘capek’ karena dipakai untuk mengaspal setiap hari.

Sama seperti membeli mobil bekas pada umumnya, membeli mobil bekas taksi juga biasanya terdapat PR alias pekerjaan rumah terkait kondisi mobilnya. Meski begitu, usahakan pilih mobil yang tidak terlalu banyak memberikan PR guna mengurangi pengeluaran biaya untuk memperbaikinya.

Tips cek mobil bekas taksi yang bisa dipraktekkan adalah memilih mobil bekas taksi yang sudah dipegang oleh orang lain. Artinya, mobil yang hendak dibeli bukan fresh berasal dari pool taksi.

Mengapa sebaiknya memilih mobil bekas taksi yang sudah pernah dibeli orang lain? Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi biaya perbaikan part. Jika sudah pernah dipegang orang lain, mungkin ada beberapa part yang sudah diperbaiki sehingga mobil bisa langsung dipakai atau setidaknya tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk perbaikan.

Tips kedua yang bisa dilakukan adalah mengecek part apa saja yang sudah diganti. Hal ini bisa ditanyakan pada pemilik mobil. Kalau bisa, minta juga bukti nota service maupun perbaikan yang sudah dilakukan guna memastikan riwayatnya.

Tips ketiga, calon pembeli sebaiknya memeriksa bagian kolong mobil apakah bagian-bagian sasis masih utuh dan tidak ada bekas las. Hal ini penting guna memastikan keamanan dari kendaraan itu sendiri, dan kepastian bahwa unit yang dibeli sesuai STNK dengan mengecek nomor rangkanya. Pastikan tak ada bekas las di bagian nomor rangka guna menghindari pembelian mobil yang diduga berasal dari tindak pidana pencurian.

Tips keempat, pilih mobil bekas taksi yang sudah mendapat peningkatan aksesori. Misalnya, sudah ditambahkan central lock, power window, audio double din, velg alloy, atau ban baru. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan harga mobil itu sendiri jika suatu saat akan dijual kembali.

Baca juga: Mobil Sulit Menyala, Aki Sudah Soak atau Hanya Kurang Setrum?

Terakhir, mobil bekas taksi biasanya sudah memiliki kilometer yang tinggi. Hal ini sebenarnya tak masalah asalkan perawatan rutin dan penggantian part dilakukan secara teratur. Pembeli bisa melanjutkan perawatan berkala maupun penggantian part sesuai kilometernya.


Kembali ke atas