Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menyalip Bus atau Truk

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 20 September 2020

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menyalip Bus atau Truk

momobil.id – Jika bepergian ke luar kota dan melewati jalan antar provinsi maupun jalan tol, biasanya akan menemui kendaraan besar dan panjang seperti bus maupun truk tronton. Menyalip kendaraan dengan dimensi seperti ini tak boleh sembarangan. Pengemudi harus mengetahui tips menyalip kendaraan panjang seperti bus dan truk agar tidak salah perhitungan kala ingin mendahului.

Baik truk maupun bus memiliki dimensi yang panjang. Dimensinya yang besar membuat kendaraan ini juga memiliki titik buta atau blindspot yang besar. Karena itu, pengemudi yang mengendarai kendaraan lebih kecil seperti mobil pada umumnya, usahakan tetap terlihat oleh pengemudi bus atau truk ketika ingin menyalip.

Menurut Training Director Safety Defensive Consulting Indonesia, Sony Susmana mengatakan, ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika ingin menyusul kendaraan yang besar yaitu, blindspot, kecepatannya dan kondisi lalu lintas.

“Pertama pastikan lingkungannya aman, seperti jalanan sepi, rata, lebar, lurus, dan markanya garis putus-putus. Kemudian ambil jarak ancang-ancang yang cukup untuk meminimalisasi blindspot,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Sony menjelaskan, ancang-ancang yang cukup yaitu dengan mendekatkan jarak mobil ke kendaraan yang ingin disalip sekitar tiga detik, sehingga pengemudi bus atau truk masih bisa melihat atau mengurangi blindspotnya. “Langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek spion dan nyalakan lampu sein. Salip dengan segera, kurangi koreksi setir dan gunakan gigi yang tepat untuk menyalip,” kata Sony.

Usahakan waktu menyusulnya maksimal 20 detik, kemudian kembali ke lajur kiri. Jika ragu, lebih baik tidak usah disalip. Terakhir yaitu lihat mata pengemudi bus dan truk lewat spion, pastikan mereka melihat kita. “Apabila matanya melirik ke kendaraan yang menyusul, artinya dia sadar akan keberadaan kita,” kata dia.

Baca juga: Agak Beda dengan Mesin Bensin, Begini Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

Adapun sebagai tips tambahan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum menyalip kendaraan berdimensi besar seperti bus dan truk. Pertama, perhatikan apakah penting atau tidak untuk menyalip.

Kedua, apakah posisi pengemudi sudah tepat untuk menyalip. Jangan menyalip saat berada di tanjakan, turunan, tikungan, jembatan, marka jalan, persimpangan, jalan rusak, zebra cross, dan lainnya. Dan ketiga, perhatikan apakah aman atau tidak jika menyalip.

Sumber gambar: williammorrisandmichele


Kembali ke atas