Bukan Hantu, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menyetir Malam Hari

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

07 Oct 2019

momobil.id - Menyetir mobil saat malam hari menjadi pilihan beberapa pengemudi karena beberapa pertimbangan. Seperti menghindari kondisi jalan yang macet, atau menghindari terik matahari selama perjalanan. Meski begitu, mengemudi saat malam hari juga membutuhkan konsentrasi ekstra selama dalam perjalanan. Penyebab utamanya karena visibilitas jalan tak sejernih saat pagi atau siang hari.

Lalu, apakah tidak boleh menyetir mobil saat malam hari? Tentu saja boleh. Namun sebelum masuk ke dalam mobil dan menginjak pedal gas, ada baiknya pengemudi memeriksa beberapa hal berikut agar tetap nyaman dan aman selama menempuh perjalanan di malam hari.

Bersihkan kaca mobil

Ketika menyetir mobil di malam hari, pastikan kaca mobil cukup bersih sehingga visibilitas tetap terjaga. Kotoran dan debu yang menumpuk secara tidak langsung akan mengganggu visibilitas pengemudi.

Periksa lampu utama mobil

Ini komponen yang penting untuk diperiksa sebelum bepergian saat malam hari. Pastikan lampu mobil berfungsi dengan baik. Lampu dalam keadaan remang-remang memiliki dampak buruk pada visibilitas pengemudi dan mengganggu pengendara lain. Pastikan juga bahwa lampu utama mobil tidak membuat silau pengendara lain yang berpapasan dengan mobil kamu. Karena jika lampu mobil kamu membuat silau kendaraan lain dari arah berlawanan, hal ini bisa membahayakan kamu sendiri maupun pengguna jalan lain.

Periksa keadaan sekitar

Selalu waspada dengan jalanan sekitar selama mengemudi dengan cara memerhatikan cahaya dan pergerakan sekitar serta melihat kaca spion mobil. Jika diperlukan, segera hubungi orang terdekat atau petugas berwajib jika nememukan tanda-tanda bahaya di sekitar seperti perampok, hewan buas, kecelakaan, dan sebagainya.

Jaga jarak aman mobil

Menjaga jarak aman sangat direkomendasikan ketika sedang mengemudi, baik saat pagi, siang, sore, apalagi malam hari. Jangan sampai mobil kamu terlalu dekat dengan kendaraan di depan, karena cahaya lampu mobil kamu akan menembus kabin mobil di depan sehingga mengganggu visibilitas pengendara lain. Alasan lain mengapa harus menjaga jarak aman karena terbatasnya jarak pandang saat malam hari. Jika pun terjadi kecelakaan yang tak diinginkan di depan, sahabat momobil bisa terhindar dari kecelakaan tersebut karena telah menjaga jarak aman.

Segera beristirahat jika mengantuk atau kelelahan

Hal ini jangan dianggap sepele. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan mobil ialah pengemudi yang mengantuk atau kelelahan. Jangan paksakan diritetap menyetir jika sudah merasa lelah atau mengantuk! Hal ini dapat membahayakan keselamatan kamu dan pengendara lain. Segera cari rest area terdekat dan beristirahatlah. Lanjutkan kembali perjalanan jika merasa tubuh sudah bugar kembali.

Sumber gambar: Carthrottle

  • Tips & Trik (Display)
  • Mobil Bekas
  • kaca mobil
  • menyetir mobil
  • menyetir malam hari

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

114 juta

2,505,000 jutaan/bln

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

225 juta

3,039,000 jutaan/bln

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

196 juta

3,023,000 jutaan/bln

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More