Periksa Komponen Mobil Berikut Sebelum Berangkat Mudik

Ditulis oleh : admin | 20 May 2019

Periksa Komponen Mobil Berikut Sebelum Berangkat Mudik

momobil.id – Selama bertahun-tahun, mobil menjadi salah satu moda transportasi pilihan masyarakat ketika mudik Lebaran. Mempersiapkan kondisi mobil sebaik mungkin sebelum mudik merupakan hal wajib untuk mengantisipasi munculnya kendala pada mobil saat menempuh perjalanan jauh.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, menyarankan kepada paa pemilik kendaraan yang sudah tidak mendapat paket perawatan rutin di bengkel resmi agar memeriksa kelayakan dan kondisi kendaraannya. Beberapa bagian yang diperiksa seperti mesin, rem, ban, dan kelistrikan.

Untuk mesin, pemeriksaan biasanya mencakup oli, filter oli, pendingin udara, filter udara, air pendingin radiator, dan tali kipas. Sedangkan pada bagian kelistrikan akan diperiksa kondisi aki, air aki, hingga lampu-lampu. Berlanjut ke bagian pengereman, pemilik kendaraan bisa memeriksa kondisi minyak rem, ketebalan kanvas rem, dan kondisi ban termasuk ban serep. Untuk mobil manual, jangan lupa kondisi kopling turut diperiksa. Didi juga mengingatkan untuk mengganti filter bensin di kelipatan 80 ribu kilomter agar perjalanan mudik tetap nyaman.

Baca Juga: Daftar tarif tol Trans Jawa untuk kendaraan Golongan I

“Lalu yang tak kalah penting, periksa motor fan pendingin apabila sudah kelipatan 80 ribu-100 ribu kilometer, karena ada potensi arang brush-nya sudah tipis,” jelas Didi seperti dilansir Kompas.com.

Jika komponen-komponen tersebut sudah oke, kamu bisa memeriksa ulang part lain yang berfungsi mendukung kenyamanan berkendara. Misalnya, mengecek karet wiper apakah kondisinya masih baik dan mampu berfungsi optimal. Karet wiper yang sudah tidak bagus kondisinya akan menyulitkan pengendara melihat jalan ketika sedang hujan deras karena tak mampu menyapu air hujan secara sempurna. Karet wiper yang sudah tak layak pakai juga akan menimbulkan garis-garis pada kaca jika terus digunakan.

Periksa masa berlaku surat kendaraan

Setelah kondisi fisik mobil sudah dipastikan oke, hal berikutnya yang harus kamu pastikan adalah kelengkapan surat berkendara seperti SIM dan STNK.

Pastikan masa belaku kedua surat tersebut masih aktif saat menempuh perjalanan mudik. Jika masa berlakunya hampir habis, segera urus perpanjangan suratnya. Jangan bepergian dengan membawa surat berkendara yang masa berlakunya sudah habis, karena akan menyulitkan kamu sendiri jika dalam perjalanan ada pemeriksaan kelengkapan surat berkendara.

Jadi, tetap patuhi peraturan berkendara dan rambu lalu-lintas selama perjalanan mudik nanti ya sahabat!

Penulis: Danang Setiaji

Sumber gambar: IST


Kembali ke atas