Perilaku Buruk yang Harus Dihindari saat Mengemudi mobil

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 9 October 2018

Perilaku Buruk yang Harus Dihindari saat Mengemudi mobil

Berita Otomotif | Tips Mobil

Anda bukan satu-satunya pengguna jalan raya, maka dari itu perhatikan perilaku Anda saat mengemudi. Cara mengemudi Anda pun menentukan pula nasib pengemudi lainnya, begitu pun sebaliknya. Maka dari itu mengemudikan mobil di jalan raya memiliki banyak ketentuan yang beralasan. Berikut beberapa sikap buruk yang harus Anda hindari saat mengemudi mobil.

Tidak menggunakan lampu isyarat saat dibutuhkan

Menggunakan lampu isyarat sangat penting untuk memberi tanda pada kendaraan-kendaraan di sekitar Anda saat hendak berbelok atau pindah jalur. Dengan begitu, kendaraan-kendaraan di sekitar Anda dapat mengantisipasi dan memposisikan kendaraan mereka untuk menyesuaikan. Jika Anda tidak menggunakan lampu isyarat, maka kendaraan sekitar Anda dapat merasa kaget, dan membahayakan pengemudi di belakang Anda.

Terlalu fokus ke depan dan tidak memperhatikan sekeliling

Saat sedang mengemudi di jalan, memang benar Anda harus selalu fokus melihat jalanan di depan Anda. namun, jangan sampai terlalu fokus hingga tidak memperhatikan sekeliling. Ini merupakan salah-satu mengemudikan mobil dengan cara aman karena memperhatikan sekitar merupakan kewaspadaan Anda dalam fokus mengemudi.

Terlalu sering berpindah jalur

Terkadang mungkin Anda berpikir bahwa akan lebih cepat sampai ke tujuan jika Anda berpindah-pindah jalur untuk mencari yang lebih cepat. Padahal, pada dasarnya semua jalur adalah sama saja. Bahkan, jika Anda terlalu sering berpindah jalur Anda akan membingungkan kendaraan-kendaraan sekitar dan mungkin akan menyebabkan kecelakaan.

Mudah terpancing emosi

Tak hanya dalam kehidupan sehari-hari, saat mengemudikan kendaraan di jalan Anda juga harus pandai menjaga emosi agar tidak mudah terpancing keadaan. Di sini kedewasaan Anda teruji, di mana Anda harus berusaha menahan agar tetap tenang saat kendaraan lain atau orang lain yang ada di jalanan berulah tidak menyenangkan.

Setelah melihat keempat hal di atas, Anda perlu bertanya pada diri Anda sendiri sebelum mulai mengemudi. Apakah Anda sudah siap menjadi pengemudi yang baik dan aman? Jangan lupa juga untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam mengemudi, karena semakin sering mengemudi, maka semakin banyak pula kesempatan Anda untuk melatih skill mengemudi. Selamat berlatih!

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas