Perlengkapan Ini Wajib Disiapkan Saat Mudik Naik Mobil Pribadi

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 April 2023

Perlengkapan Ini Wajib Disiapkan Saat Mudik Naik Mobil Pribadi

momobil.id – Mudik merupakan salah satu tradisi pulang kampung yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya muslim saat hari raya Lebaran. Tidak sedikit pemudik menggunakan mobil pribadi untuk pulang kampung. Jika berniat menggunakan mobil pribadi, ada beberapa perlengkapan yang wajib disiapkan saat mudik naik mobil pribadi. Berikut daftarnya!

1. Car Organizer

Pemudik tentu membawa banyak barang bawaan ketika hendak melakukan perjalanan. Jika barang bawaan tidak ditata dengan baik, kabin akan terlihat penuh dan sesak. Agar kabin terlihat lebih rapih dan nyaman, pengemudi bisa membawa car organizer. Aksesoris ini berfungsi menyimpan beberapa barang, mulai dari tissue, mainan anak, hingga makanan dan minuman.

2. Tool Kit

Salah satu perlengkapan yang wajib dibawa saat mudik naik mobil pribadi adalah tool kit. Tool kit adalah berbagai alat yang digunakan untuk reparasi mobil standar dari pabrik. Alat tersebut terdiri dari kunci pas, kunci roda, dongkrak, obeng, pompa ban, senter, dan lainnya. Pemudik bisa mengandalkan tool kit apabila mobil mengalami kerusakan ringan.

3. Pakaian Ganti

Tubuh bisa saja berkeringat walaupun mobil sudah dilengkapi dengan AC. Oleh karena itu, pemudik disarankan untuk menyiapkan baju ganti yang mudah diambil ketika melakukan perjalanan jauh. Pemudik bisa membawa pakaian ganti dalam tas travel berukuran kecil agar tidak perlu membongkar koper. Apabila merasa gerah selama perjalanan, pemudik juga bisa menyiapkan tas kecil berisi pakaian ganti dan perlengkapan mandi lainnya.

4. Ban Serep dan Dongkrak

Saat melakukan perjalanan mudik, bisa saja pemudik melewati jalanan yang berlubang, ada paku, atau jalanan yang licin. Untuk mengantisipasi ban bocor akibat kondisi jalan yang buruk, pemudik perlu menyiapkan ban serep dan dongkrak. Hal ini bertujuan agar pemudik bisa mengganti ban sendiri apabila terjadi sesuatu.

Tidak hanya menyiapkan kedua alat tersebut, pemudik juga perlu memeriksa kondisi ban mobil dan ban cadangan. Jika kondisi ban perlu diganti, maka segera ke bengkel terdekat untuk mengganti ban.

5. Alat Navigasi

Pemudik tentunya tidak hafal seluruh rute perjalanan yang akan ditempuh. Oleh karena itu, penting bagi pemudik untuk menyiapkan bantuan petunjuk jalan berupa alat navigasi. Saat ini, alat navigasi lebih mudah diakses lewat aplikasi map di ponsel.

Pemudik bisa memanfaatkan alat navigasi pada ponsel agar perjalanan menjadi lebih lancar dan menghindari tersesat di tengah jalan. Alat navigasi tentunya juga sangat berguna ketika melakukan perjalanan di malam hari.

6. Kotak P3K dan Obat-Obatan

Selama menempuh perjalanan jauh, kondisi badan tentunya akan cepat lelah. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, ada baiknya membawa kotak P3K dan obat-obatan pribadi. Obat-obatan yang disediakan misalnya seperti obat sakit kepala, obat masuk angin, obat mual, atau obat maag. Sementara kotak P3K biasanya berisi perlengkapan seperti perban, plester, hingga cairan disinfektan.

Baca Juga: Memilih Waktu Mudik yang Tepat agar Terhindar Macet

7. Kartu Tol

Ketika melakukan mudik antar kota, pemudik tentu melewati jalan tol agar perjalanan lebih singkat dan lancar. Meskipun demikian, pembayaran tol kini sudah menggunakan e-Toll atau kartu tol. Oleh karena itu, kartu tol wajib untuk dibawa selama perjalanan mudik. Pemudik juga harus memastikan saldo kartu tol cukup sebelum melakukan perjalanan mudik.

8. Kantung Plastik atau Tas

Salah satu perlengkapan yang wajib dibawa ketika mudik adalah kantung plastik dan tas. Kantung plastik dengan sistem penguncian yang baik perlu disediakan untuk mengantisipasi pemudik mual atau ingin muntah selama perjalanan. Selain itu, kantung plastik dan tas juga bisa digunakan untuk menyimpan barang perlengkapan lainnya.

9. Makanan Ringan dan Minuman

Kondisi jalanan bisa saja macet saat mudik. Hal ini tentunya membuat pemudik tidak dapat tiba sesuai dengan waktu yang diharapkan. Untuk mengantisipasi perjalanan mudik memakan waktu sampai buka puasa, penting untuk menyiapkan makanan ringan dan minuman terlebih dahulu.

Pastikan menyiapkan makanan yang tidak terlalu berat dan terlalu pedas. Selain itu, pemudik juga bisa membawa cool box untuk menaruh minuman dingin atau panas.

10. Alat Pemadam Api Ringan

APAR atau alat pemadam api ringan merupakan alat yang digunakan untuk mengendalikan kebakaran kecil. Alat ini merupakan salah satu alat yang wajib dibawa ketika berpergian jauh untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan seperti mobil korslet. Sebagian besar mobil baru sudah dilengkapi dengan APAR. Bagi mobil yang belum memiliki alat ini, APAR tersedia di toko daring.

11. Bantal

Pengemudi dan penumpang tentunya aan lebih cepat lelah ketika berpergian jauh. Untuk mengantisipasi hal ini, pemudik bisa menyiapkan bantal atau bantal leher. Selain membuat perjalanan menjadi lebih nyaman, bantal juga bisa menjadi penahan benturan ketika pemudik membawa anak.

Itulah beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan ketika mudik menggunakan kendaraan pribadi. Untuk tips mudik lainnya, yuk klik di sini!

mobil terkait

Rp 122.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 205.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas