Perlukah Memanaskan Mobil Setiap Hari? Cek Yuk!

Ditulis oleh : admin | 30 March 2017

Perlukah Memanaskan Mobil Setiap Hari? Cek Yuk!

momobil.id - Jika tidak ingin bepergian ke tempat yang tidak jauh, biasanya orang akan lebih memilih naik motor dibanding mobil. Maka dari itu tidak jarang mobil akan didiamkan saja sampai benar-benar dipakai untuk kebutuhan jarak tempuh yang jauh atau memuat banyak orang. Nah, hal ini tentu menyebabkan mobil jadi sering menganggur di garasi rumah. Lalu muncul pertanyaan yang sering membuat kita agak susah menjawabnya, yakni perlukah memanaskan mobil setiap hari jika mobil jarang dipakai atau diam saja digarasi selama berminggu-minggu?

Baca Juga : Kapan Sebaiknya Mengganti Oli Mobil?

Memanaskan mobil
Source: otomotifnet.com

Memanaskan Mobil Setiap Hari Sebaiknya Dilakukan

Jika mesin mobil tidak dipanaskan mungkin mobil tidak akan langsung kenapa-kenapa atau rusak, tapi kemungkinan terbesarnya jika dipakai performa mesin mobil akan berkurang dan lama kelamaan akan rusak. Apa pentingnya sih memanaskan mesin mobil setiap hari? Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran yang mengendap di mesin sehingga ketika dipanaskan, kotoran mesin tidak akan mengendap atau mengeras. Tidak hanya itu, jamur dan karat juga bisa tumbuh jika mesin mobil terus dingin, terlebih lagi jika mobil berada di garasi dengan cuaca dingin. Kalau mesin mobil tidak panas tentu jamur akan lebih cepat berkembang biak dari biasanya.

Source: amazonaws.com

Alasan selanjutnya mengapa perlu memanaskan mobil setiap hari adalah bertujuan untuk menjaga kondisi oli jadi lebih baik serta juga kondisi aki mobil. Apa hubungannya aki dan mesin mobil? Aki akan mengalirkan aliran listrik jika mesin mobil menyala sehingga hal ini juga jadi salah satu faktor mengapa pentingnya memanaskan mesin mobil setiap hari. Waktu memanaskan mobil jika mobil didiamkan dalam berminggu-minggu harus cukup lama. Jika sudah memasuki waktu berbulan-bulan, maka tidak hanya memanaskan mobil saja yang harus Anda lakukan, tapi juga harus membawanya jalan sejauh 500 meter guna membuat semua elemen mobil bisa bergerak dan menghindari karat pada mesin dan juga ban mobil.

Jika Mobil Baru? Apakah Perlu Dipanaskan Juga?

Jika Anda baru saja membeli mobil baru, memanaskan mesin juga cukup perlu. Namun durasi waktunya tidak sepanjang mobil biasa yang diam setelah beberapa lama. Dengan teknologi sekarang, apakah perlu mobil baru memanaskannya dengan menginjak-injak pedal gas? Tidak perlu karena menurut beberapa peneliti, mobil sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi idle up yang akan membuat mesin mobil berputar dengan sendirinya hingga mencapai suhu tertentu. Jika Anda tetap memanaskan mobil dengan menginjak-injak gas pada mobil baru, maka hal itu sama saja akan membuang-buang bensin karena hal tersebut tidak relevan lagi untuk dilakukan dengan teknologi masa kini.

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas