Cara Perpanjang STNK Mobil Online 2017: Terlengkap!

Bagi setiap orang mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau STNK seringkali terasa malas karena memakan waktu yang lama. Belum lagi persyaratan yang rumit membuat aktivitas ini semakin enggan untuk dilakukan. Padahal melakukan perpanjangan STNK atau membayar pajak kendaraan bermotor merupakan kewajiban bagi setiap pemiliknya. Hal tersebut tertulis pada Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015.

Perpanjang STNK online Source: tstatic.net

Karena sebuah kewajiban yang harus dilakukan, mengurus perpanjangan STNK sejatinya tidak boleh dianggap sepele. Maka dari itu, untuk memudahkan layanan perpanjangan STNK, saat ini Anda telah dapat melakukannya secara online. Dengan perpanjangan STNK mobil online, Anda tidak perlu repot datang ke samsat dan antre panjang. Terlebih lagi dengan cara online, Anda akan lebih terhindar dari calo-calo yang gentayangan menawarkan jasa perpanjangan STNK secara ilegal.

Baca Juga :Beli Mobil Bebas Pajak 3 Tahun? Cek Di sini!

Namun, pengurusan perpanjangan STNK mobil online masih belum bisa dilakukan di seluruh daerah Indonesia. Artinya hanya beberapa daerah yang telah difasilitasi perpanjangan STNK secara online yakni, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Jadi, ibaratnya jika identitas KTP Anda berlokasi di Depok, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat mengurus perpanjangan STNK di Jakarta secara online. Tergantung samsat di wilayah Anda apakah melayani pengurusan STNK online atau tidak. Berikut wilayah pelayanan perpenjangan STNK online tahun 2017.

Wilayah Samsat Online

Beberapa wilayah yang telah menerapkan fasilitas perpanjangan STNK secara online :

  1. Samsat wilayah DKI Jakarta meliputi: Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur. Perpanjangan STNK online dapat diproses di Samsat BSD, Samsat Cinere, dan Samsat Cikokol.
  2. Samsat wilayah Banten meliputi: BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja. Perpanjangan STNK online dapat diproses di Samsat Jakarta Selatan dan Samsat Cinere.
  3. Samsat wilayah Jawa Barat meliputi: Depok, Cinere, dan Cikarang-Bekasi dapat diproses di Samsat Jakarta Selatan, Samsat BSD, dan Samsat Cikokol.

Cara Cek Pajak Online

Selain fasilitas perpanjangan STNK mobil online, Anda juga dapat melakukan pengecekan pajak STNK dengan cara mengeceknya di situs samsat Jakarta. Caranya, Anda cukup memasukkan nomor polisi kendaraan Anda di kolom yang ada di situs tersebut, dan keterangan pajak akan muncul informasi soal jumlah pajak kendaraan Anda dan jadwal jatuh tempo pembayaran pajak STNK Anda. Seperti gambar di bawah ini : 

Cara perpanjang STNK online Source: samsat-pkb.jakarta.go.id

Tapi ingat, nomor polisi yang harus dimasukkan adalah empat nomor. Jika plat nomor kendaraan Anda hanya tiga nomor, maka Anda harus menambahkan angka 0 pada awal angka.

Contoh : B 456 AB

Maka nomor yang harus dimasukkan untuk pengecekan pajak adalah : B 0456 AB

Samsat Drive Thru

Samsat Drive Thru DKI Source: viva.co.id

Ternyata drive thru tidak hanya diterapkan pada restoran manakan cepat saji dan ATM saja. Buktinya wilayah DKI menerapkan sistem drive thru untuk perpanjang STNK mobil online. Bagi Anda pemegang rekening bank DKI akan lebih dimudahkan dengan pembayaran pajak hanya lewat ATM saja. Bagi Anda yang bukan nasabah bank DKI, tenang saja karena Anda dapat membayar pajak lewat loket bank. Dimana saja sih samsat drive thru ini tersebar di Jakarta?

  1. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Selatan
  2. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Barat
  3. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Utara
  4. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Timur

Kapan lagi bayar pajak bisa sepraktis bayar melalui drive thru? Anda hanya tinggal memberikan BPKB, STNK, dan KTP. Kemudian bayar dan urusan pajak selesai dengan cepat dan praktis.

E-Samsat Jawa Barat

Selain itu, layanan perpanjangan STNK online juga tersedia di E-Samsat Jawa Barat. Layanan fasilitas online ini bekerjasama dengan Bank BJB. Tidak perlu repot, karena Anda cukup melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Ketik SMS dengan format: esamsat [no. chasis kendaraan] [no.KTP] [email];
  2. Kirim ke 08112119211;
  3. SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat;
  4. Cek status data NIK/KTP, curanmor, dan blokir ke server Polda;
  5. Kirim SMS jawaban ke wajib pajak: kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan;
  6. Bila SMS data kendaraan dan jumlah penetapan telah disepakati, wajib pajak datang ke ATM Bank BJB (data wajib pajak harus sama dengan pemilik rekening di BJB);
  7. Ikuti langkah membayar di ATM dengan memilih opsi pajak kendaraan dan memasukkan kode pembayaran;
  8. Simpan struk tanda bukti bayar pajak;
  9. Datang ke kantor samsat untuk menukar struk dengan SKPD;
  10. Mendapat SMS berisi konfirmasi pembayaran.

Akun Twitter Samsat

Akun twitter samsat Source: twitter.com/samsatjaksel

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, rasanya kita akan dimudahkan dengan perkembangan teknologi informasi. Begitu juga dengan sosial media yang kini sudah mulai dimanfaatkan oleh banyak kantor samsat daerah. Apa gunanya twitter samsat ini? Anda bisa langsung mengetahui layanan SIM keliling atau layanan terpadu perpanjangan STNK online dengan cepat. Nah, Anda bingung mencari akun twitter samsat di daerah tempat tinggal Anda? Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengetik -Samsat<spasi>Nama Daerah- pada kolom pencarian twiitter. Anda juga bisa mencarinya di mesin pencari Google, dengan mengetik -Twitter<spasi>Samsat<spasi>Nama Daerah-

Mudah bukan? Maka dari itu, sudah saatnya Anda taat membayar pajak karena berbagai fasilitas yang semakin mudah dapat Anda lakukan untuk membayar pajak dan perpanjangan STNK mobil online. Selain semakin praktis, Anda juga akan semakin terhindar dari aksi calo yang ilegal. Ayo taat pajak!

share sekarang

 
Tutup

Anda belum membeli mobil apa pun.

Rekomendasi Perkiraan Biaya

12

XSaya tidak tertarik