Pertamax Green 95, BBM Bioetanol dari Pertamina

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 13 July 2023

Pertamax Green 95, BBM Bioetanol dari Pertamina

momobil.id – PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan bahan bakar baru dalam waktu dekat. Menyandang nama Pertamax Green 95, BBM baru dari Pertamina tersebut merupakan hasil campuran bioetanol. Jenis BBM baru ini akan diujicoba di 17 titik SPBU yang tersebar di daerah Jawa Timur dan Surabaya. Yuk mengenal lebih dekat tentang Pertamax Green 95 beserta keunggulannya di bawah ini!

Mengenal BBM Pertamax Green 95

BBM Pertamax Green 95 merupakan bahan bakar jenis baru dari Pertamina. Bahan bakar ini dibuat dari kombinasi antara Pertamax RON 92 dengan Etanol sebesar 5 persen. Pertamax Green 95 memiliki kualitas lebih tinggi jika dibandingkan dengan RON 92. Meskipun demikian, bahan bakar ini masih memiliki kualitas di bawah Pertamax Turbo.

Pertamax Green 95 termasuk ke dalam jenis BBM bioetanol. Bioetanol merupakan suatu bentuk energi terbarukan yang diproduksi dari tumbuhan melalui proses fermentasi. Salah satu tumbuhan yang dapat digunakan untuk memproduksi etanol adalah tebu.

Ini bukan kali kedua Pertamina mencampurkan BBM dengan bahan nabati. Pertamina pernah menjual biodiesel 35 %, di mana bahan bakar ini merupakan campuran bahan bakar nabati yang berasal dari minyak kelapa sawit.

Keunggulan dari BBM Bioetanol Pertamax Green 95

Berdasarkan situs Direktorat Jenderal Eneergi Bari Terbarukan dan Konservasi Enegeri (EBTKE), jenis BBM Bioetanol memiliki keunggulan. Penggunaan dari BBM Bioetanol mampu mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 43%. Emisi yang dimaksud termasuk nitrogen oksida, karbon dioksida, dan partikel PM2. BBM berjenis bioetanol mampu meningkatkan energi terbarukan yang ditargetkan sebanyak 23% pada tahun 2025.

Penurunan emisi bisa terjadi karena etanol memiliki kandungan oktan RON sebesar 128. Etanol yang dicampurkan dengan bahan bakar dapat meningkatkan kadar oktan serta kualitasnya.

Baca Juga: Apa Efeknya Sering Mencampur Bahan Bakar Beda Oktan?

Kisaran Harga

Pihak Pertamina belum mengkonfirmasi harga dari BBM tersebut. Harga pastinya akan diinformasikan saat peluncurannya bulan Juli 2023 ini.

“Untuk harganya nanti akan kita sampaikan saat peluncuran, yang jelas harganya akan kompetitif dengan harga BBM di kelasnya (RON 95),” ujar Irto Ginting selaku Corporate Secretaru Pertamina Patra Niaga dilansir dari Kompas.com.

Sebagai informasi, harga BBM RON 95 berada di kisaran Rp13.000,- per liter. Perusahaan yang telah mendistribusikan BBM dengan RON 95 antara lain Vivo, Shell, dan BP Ultimate. Per 1 Juli 2023, harga BBM RON 95 di Vivo sekitar Rp13.200,- per liter, sementara Shell menjual bahan bakar jenis ini dengan harga Rp13.780,- per liter.

BBM Pertamax Green 95 merupakan BBM non subsidi, sehingga akan ada penyesuaian harga. Penyesuaian mengikuti rata-rata harga minyak dunia.

Mobil yang Bisa Menggunakan Pertamax Green 95

Seiring dipasarkannya Pertamax Green 95, sejumlah perusahaan otomotif mengklaim siap mengimplementasikan bahan bakar tersebut. Mobil yang saat ini dijual sudah bisa memakai bahan bakar baru yang diluncurkan oleh Pertamina itu.

Beberapa merek mobil yang sanggup meminum Pertamax Green 95 antara lain:

  • Toyota (Avanza, Veloz, Agya, hingga Calya)
  • Suzuki (Grand Vitara, Ertiga, XL7, Jimny, APV Arena, S-Presso, Carry, dan Ignis)
  • Daihatsu (Rocky, Aula, Sigra, Xenia, Terios, Sirion, Luxio, dan Gran Max)
  • Honda (Brio, BR-V, HR-V, WR-V, CR-V, City, City Hatchback, Civic, Civic Type R, Accord, dan Mobilio)

mobil terkait

Rp 173.990.000

Individu

BANDUNG

Rp 173.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 149.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 171.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 180.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 176.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas