Pertamina Terapkan Pembayaran BBM Non Tunai Tahun Ini

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 28 February 2020

Pertamina Terapkan Pembayaran BBM Non Tunai Tahun Ini

momobil.id – Pada tahun 2020, PT Pertamina (Persero) akan menerapkan pembayaran BBM non tunai atau cashless. Pembayaran non tunai ini akan dilakukan pemerintah di seluruh SPBU di Indonesia. Program ini merupakan upaya kelanjutan dari pemasangan digitalisasi nozzle di beberapa SPBU di Indonesia. Menurut pihak Pertamina sendiri, penerapan sistem pembayaran BBM non tunai ini dilakukan agar seluruh transaksi dapat terdata dengan akurat. Hal ini dapat memudahkan pemerintah untuk menyiapkan stok BBM. Selain itu, dengan diterapkannya sistem non tunai ini, pemerintah dapat mengakomodir perubahan gaya hidup digital konsumen yang sebagian besar menggunakan transaksi non tunai.

Untuk pembayaran non tunai, setidaknya pemerintah menawarkan tiga opsi pembayaran. Opsi pertama adalah pembayaran dengan menggunakan LinkAja. Konsumen harus mengunduh aplikasi MyPertamina dan LinkAja terlebih dahulu di Google Playstore atau App Store iOS. Pada sistem pembayaran ini, pengguna hanya perlu memindai barcode pada aplikasi Link Aja. Opsi kedua adalah pembayaran menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Pertamina sudah bekerja sama dengan beberapa bank dalam menyiapkan mesin EDC (Electronic Data Capture) di beberapa SPBU. Pengguna hanya menggesek kartu kredit atau debit pada mesin EDC ini. Opsi ketiga adalah menggunakan uang elektronik berbasis kartu seperti e-money, Brizzi, BNI Tap Cash atau Flazz. Untuk pembayaran menggunakan sistem aplikasi digital seperti GoPay, OVO, Dana, Dll, pemerintah belum berencana untuk dijadikan sebagai opsi pembayaran. Namun, tidak menutup kemungkinan pemerintah dapat menggunakannya.

Baca Juga : Teknik Mencuci Mesin Mobil agar Sistem Kelistrikan Tidak Rusak

Seperti yang diketahui, sistem pembayaran non tunai melalui pemasangan digitalisasi nozzle sendiri rencananya akan ditargetkan berlaku di 5.518 SPBU yang tersebar di Indonesia. Per tanggal 10 Februari, sudah ada kurang lebih 4.200 SPBU yang dipasang alat Automatic Tank Gauge (ATG) dan 2.919 SPBU yang sudah terpasang mesin EDC. Di sebagian kota besar di Indonesia, pengisian BBM sudah menggunakan sistem self service mulai dari pengisian dan pembayaran. Hal ini tentunya membuka peluang pemerintah dalam menerapkan sistem pembayaran tunai pada SPBU yang tersebar di Indonesia.


Kembali ke atas